Revitalisasi SMK Pusat Keunggulan

Senin, 12 Desember 2022 - 12:59 WIB
Empat, diperlukan penyediaan peta sebaran SMK beserta sebaran industri dan kebutuhan sumber daya kerja yang ada di wilayah sekitar SMK untuk memberikan gambaran tentang kebutuhan serapan tenaga kerja.

Peta sebaran SMK beserta dengan program studinya telah dimiliki oleh Kemendikbudristek, tinggal mengembangkan peta industri berserta kebutuhannya. Hal ini butuh dan perlu integrasi serta kolaborasi dengan kementerian dan lembaga lainnya yang berkonsentrasi pada bidang vokasi dan dunia kerja.

Selain keempat catatan beserta rekomendasi di atas Kemendikbudristek perlu memperhatikan SMK lainnya yang kualitasnya masih jauh di bawah standar. Program SMK Pusat Keunggulan dengan persyaratan pendaftaran sekolah harus memiliki prestasi di atas standar, hanya dapat mengakomodir pada sekolah yang sudah bagus dan eksis.

Ini adalah pekerjaan bersama, tentu bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah pusat akan tetapi juga pemerintah daerah. Mengingat otonomi dan tugas serta tanggung jawab SMK berada di wilayah provinsi. Tetapi hal yang perlu diingat dan dipedomani ialah semangat dan kolaborasi harus dimiliki oleh semua pihak untuk memajukan pendidikan di Indonesia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More