Deretan Pahlawan Nasional yang Juga Seorang Seniman

Selasa, 08 November 2022 - 22:00 WIB




Ismail Marzuki adalah seorang seniman dan pahlawan nasional. Gelar pahlawan nasional diberikan pada Ismail Marzuki berdasarkan Keppres No.89/TK/2004 pada 5 November 2004.

Ismail Marzuki lahir di Jakarta pada 1914. Ia mendedikasikan dirinya untuk Indonesia melalui karyanya. Marzuki lahir dari keluarga yang sederhana. Ia tumbuh besar dalam asuhan sang ayah. Ibunya meninggal dunia ketika di masih kecil.

Masa kecil Ismail Marzuki diselimuti dunia musik. Sang ayah merupakan seorang pemain rebana. Marzuki pun kerap tampil di beberapa acara, seperti di acara sunatan hingga acara pengantin. Melalui sang ayah, benih bermusik Marzuki tumbuh dan berkembang.

Ketika berusia 17 tahun, Marzuki mengasah kemampuannya. Pada 1923, Marzuki dan teman-temannya menjadi anggota perkumpulan musik Lief Java. Pada perkumpulan musik ini, bakatnya berkembang menjadi penyair lagu, pengarang lagu, instrumentalis, hingga penyanyi.

Ismail Marzuki telah menghasilkan karya lagu, baik hasil ciptaannya maupun lagu yang diaransemen ulang. Lagu tersebut antara lain Rayuan Pulau Kelapa, Halo Halo Bandung, Indonesia Pusaka, Gugur Bunga hingga Selendang Sutera. Pada 25 Mei 1958, Ismail mengembuskan napas terakhir. Ia dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.

3. Usmar Ismail



Usmar Ismail lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 20 Maret 1921. Ia dikenal sebagai pelopor drama modern dan bapak film Indonesia. Usmar memulai pendidikan sekolah dasarnya di Batusangkar. Kemudian ia melanjutkan pendidikan SMP di Simpang Haru, Padang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More