Inilah 5 Warga Negara Asing yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

Rabu, 09 November 2022 - 06:30 WIB
Foto/wikipedia

Yang Chil-seong adalah orang berdarah Korea yang membantu kemerdekaan Indonesia. Lahir pada 29 Mei 1919, lelaki yang memiliki nama Jepang Shichisei Yanagawa itu ditugaskan pemerintah kolonial Jepang sebagai penjaga tawanan tentara sekutu di Bandung pada 1942.

Setelah Indonesia merdeka, dia memilih tetap tinggal di Indonesia. Dia memutuskan masuk Islam dengan mengganti namanya menjadi Komarudin.

Yang Chil-seong pergi ke Garut dan bergabung dengan pejuang kemerdekaan yang bernama Pasukan Pangeran Papak untuk melawan agresi militer Belanda. Keberadaan Yang Chil-seong membuat Belanda resah karena perilakunya. Yang Chil-seong tertangkap dan dijatuhi hukuman mati pada tahun 1949.

3. Shigeru Ono



Foto/ist

Shigeru Ono menjadi salah satu tentara Jepang yang memihak Indonesia. Shigeru merupakan pasukan yang menolak pulang ke Jepang dan memilih bergabung dengan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Kelompok pejuang kemerdekaan tersebut dikenal sebagai komando elite Pasukan Gerilya Istimewa (PGI) yang berada di bawah Pasukan Untung Suropati.

Alasan Shigeru tidak mau bertekuk lutut kepada pihak sekutu salah satunya karena melihat jasa orang-orang Indonesia kala memerangi sekutu. Pria asal Jepang yang lahir pada 26 September 1919 ini memiliki nama Indonesia yaitu Rahmat. Setelah menetap di Indonesia, ia menikah dengan wanita pribumi bernama Darkasih. Shigeru menetap di Kota Batu, Jawa Timur hingga akhir hidupnya.

4. Eduard Douwes Dekker
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More