Pengertian Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi

Senin, 10 Oktober 2022 - 12:18 WIB
Selain itu, Orde Lama juga membangun Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Bendungan Jatiluhur dan Pabrik Baja Krakatau Steel. Namun, pembangunan Bendungan Jatiluhur dan Pabrik Krakatau Steel baru selesai di era Orde Baru.

Pada 1960, pemerintahan Presiden Soekarno merencanakan Pembangunan Nasional Semesta Berencana Delapan Tahun. Namun rencana tersebut tidak berjalan dengan lancar dikarenakan negara Indonesia sedang bersiap untuk perang melawan Belanda yang bertujuan merebut kembali Irian Barat. Selain itu, terjadinya iklim politik yang tidak kondusif juga menjadi salah satu penyebabnya.

2. Era Orde Baru

Pemerintahan Orde Baru muncul setelah keluarnya surat perintah 11 Maret 1966 atau dikenal Supersemar. Soeharto diangkat menjadi Presiden Indonesia menggantikan Soekarno. Orde Baru berlansung selama 32 tahun, dari 1966 hingga 1998.

Penamaan Orde Baru untuk membedakan dengan era sebelumnya, Orde Lama. Pada era ini, sistem pemerintahan Indonesia masih menggunakan presidensial, di mana keputusan mutlak ada di tangan presiden, serta memiliki bentuk pemerintah yaitu republik. Pada era ini pula dasar konstitusi negara Indonesia adalah UUD 1945.

Terjadi kemajuan pesat di Indonesia dalam pembangunan selama Orde Baru. Pemerintahan Presiden Soeharto menekankan stabilitas nasional, baik dalam program politik, rehabilitas ekonomi, serta berkepribadian dan fokus pada bidang sosial budaya. Hasilnya bisa dirasakan masyarakat seperti inflasi turun dan mata uang Indonesia menjadi lebih stabil.

Namun dalam perkembangannya, kekuasaan sepenuhnya berada di tangan Presiden Soeharto. Akibatnya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) tumbuh subur di era Orde Baru. Hingga akhirnya terjadi krisis moneter yang memicu kerusuhan pada 1997.

Tekanan rakyat yang begitu kuat, akhirnya berhasil mendorong Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Rakyat menginginkan perubahan dalam sistem pemerintah, sehingga lahirnya era Reformasi.

3. Reformasi

Era Reformasi dimulai pada 1998, tepatnya setelah Soeharto mundur dari jabatan Presiden RI yang telah diemban selama 32 tahun. Era ini muncul karena banyaknya krisis yang dialami Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, dari mulai krisis politik, ekonomi, hukum, sosial, serta krisis kepercayaan masyarakat.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More