Pemuda Penggerak Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa

Selasa, 20 September 2022 - 17:07 WIB
Literasi teknologi menjadi kebutuhan semua pihak. Bagaimana penerapan teknologi yang tepat guna dan tepat sasaran. Teknologi memberikan nilai tambah untuk berbagai aktivitas.

Di era digitalisasi seperti saat ini arus globalisasi sudah tidak terbendung lagi, ditandai dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan merambah ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Akses internet bisa digunakan dari daerah pegunungan sampai desa terpencil, hampir segala hal di seluruh penjuru dunia bisa diakses masyarakat di belahan bumi mana pun dengan bebas dan begitu mudahnya tanpa adanya batasan jarak ataupun waktu.

Dunia industri global kini memasuki era revolusi industri 4.0. Kita sebagai generasi milenial dituntut harus bisa beradaptasi serta berkembang dengan memanfaatkan kemajuan digital yang ada.

Mereka harus melek digital dan melek teknologi. Harus disadari bahwa generasi millenial merupakan penopang kehidupan bangsa Indonesia yang akan menjadi motor penggerak perubahan. Karena pada dasarnya merekalah yang akan menentukan nasib bangsa di masa depan.

Pesatnya perkembangan teknologi ini memberikan banyak kesempatan kepada para generasi milenial dalam memainkan perannya sebagai agent of change untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera. Sudah saatnya para generasi masa kini unjuk gigi dengan talenta dan keterampilannya menggunakan teknologi, bukan hanya sibuk bernarasi di media sosial, namun generasi milenial harus turut ikut andil dalam mendorong kreativitas dan inovasi di ruang digital karena penguasaan teknologi yang optimal merupakan kunci bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan di era ini.

Generasi milenial harus memiliki talenta digital agar siap menghadapi era digital challenge. Kesempatan generasi milenial menjadi technopreneur terbuka lebar di depan mata. Persaingan semakin ketat sehingga kemampuan tentang sains, teknologi, ilmu terapan dan sebagainya harus terus diasah pada diri generasi milenial.

Pemanfaatan Teknologi

Tantangan di era digitalisasi 4.0 ini ditandai dengan semakin peliknya problem yang akan dihadapi penduduk dunia dan semakin kecilnya peluang kerja bagi manusia karena tergantikan oleh dominasi peran teknologi dari kombinasi globalisasi dengan teknologi informasi.

Lebih jauh lagi ekonomi masa depan adalah ekonomi digital. Para technopreneur juga harus melek digital. Aplikasi teknologi untuk kepentingan bisnis juga mau tak mau sudah harus berorientasi digital. Ekonomi digital harus mengambil peranan penting. Kita bisa melihat bagaimana konsep sharing economy yang dilakukan Go-Jek dan ekspansinya ke luar negeri, maupun marketplace, seperti Bukalapak.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi menyempitnya peluang kerja bagi tenaga kerja terdidik, para generasi milenial harus mulai berpikiran terbuka dan mengasah dirinya agar memiliki soft skill serta kecakapan menangani persoalan yang kompleks. Selain prestasi, para generasi masa kini harus tangkas, responsif, adaptif, kreatif, serta konsisten. Revolusi Industri 4.0 akan menguji generasi milenial untuk menjadi pembelajar yang cepat dan adaptif terhadap berbagai perubahan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More