Yonif Raider 641/Beruang, Ikhlas Tunaikan Bakti di Tengah Pandemi Covid

Selasa, 30 Juni 2020 - 09:06 WIB


Awal Juni 2020 ini, anggota Pos Guntembawang memang berhasil mengevakuasi lansia bernama Lorensius O’ok yang telah menderita stroke selama 56 tahun lamanya. Dengan penuh perjuangan, anggota Satgas dan warga sekitar bahu membahu membawa kakek berusia 72 tahun tersebut ke Puskesmas Entikong yang berjarak enam jam perjalanan menggunakan perahu melewati sungai berarus deras. “Warga melaporkan ke kami bahwa kondisi Lorensius O’ok makin lemah dan kesadarannya menurun, maka anggota kami mengevakuasinya ke Puskesmas Entikong untuk mendapatkan penanganan medis,” ujar Dansatgas Pamtas.

Disinggung mengenai apresiasi dan tanggapan positif masyarakat terhadap Satgas Pamtas yang dipimpinnya, Kukuh menjawab bahwa TNI sudah seyogyanya menjadi solusi dari setiap kesulitan dan keberadaannya membawa manfaat bagi rakyat. “Sudah menjadi tugas kami untuk menjaga dan membantu masyarakat yang mengalami kesulitan di wilayah perbatasan. Apalagi di masa pandemi Covid-19, meskipun risiko bahaya bertambah, tapi kami ikhlas. Ini wujud bakti kami demi kokohnya kedaulatan NKRI dan kesejahteraan rakyat di wilayah perbatasan yang kami jaga,”.

Selain tugas operasi, Satgas Yonif 641/Beruang juga melakukan perkuatan wilayah dengan membina dan menumbuhkan nasionalisme masyarakat di wilayah perbatasan negara melalui kegiatan teritorial. Misalnya, mengadakan kegiatan olahraga untuk para pemuda, menjadi tenaga pendidik di PAUD, SD maupun SMP, membuka Tempat Pendidikan Al quran (TPA), serta membina Pramuka dan Karang Taruna. Satgas juga menyelenggarakan sunatan massal gratis yang diikuti lebih dari 100 anak, pengobatan massal dan pengobatan keliling, evakuasi warga yang sakit, membantu korban tanah longsor dan banjir, hingga menggelar diskusi dengan tokoh-tokoh masyarakat yang dikemas melalui kegiatan coffee morning. "Tidak ada hal yang lebih memuaskan bagi kami, kecuali kesuksesan menyelesaikan tugas yang dipercayakan negara, dan kembali dalam keadaan utuh sambil membawa kebanggaan," ucapnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More