Pesawat Tempur Andalan TNI AU, Semuanya Bikin Gemetar Musuh

Minggu, 29 Mei 2022 - 05:42 WIB
Hawk Mk 109/209 adalah kode Hawker-Siddeley Hawk yang diekspor ke Indonesia. Pesawat ini mulai melengkapi armada di TNI-AU sejak tahun 1997. Sementara di tahun 1980-an, TNI-AU juga pernah membeli sejumlah Hawk Mk 53.

Hawk Mk 209 merupakan varian single seater dari keluarga Hawk. Pesawat jet ini dikhususkan untuk mengemban misi air superiority dan ground attack. Malaysia juga memiliki sejumlah Hawk Mk 108 / 208 yang merupakan varian Hawk pertama yang bisa melakukan in flight refuelling.

2. KAI T-50 Golden Eagle



Foto: KAI

KAI T-50 Golden Eagle merupakan pesawat latih supersonik buatan Amerika-Korea. Dikembangkan Korean Aerospace Industries dengan bantuan Lockheed Martin. Program ini juga melahirkan A-50, atau T-50 LIFT, sebagai varian serang ringan.

Untuk persenjataan, Kanon 20 mm General Electric M61 Vulcan dengan 205 peluru diumpankan linear tanpa sambungan yang bisa dipasang internal tepat di belakang kokpit.

Sebuah rudal udara ke udara pencari panas AIM-9 Sidewinder bisa dipasangkan pada setiap rel di ujung sayap, dan rudal-rudal yang lain bisa dipasang di cantelan bawah sayap.

3. Embraer EMB 314 Super Tucano

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More