Termasuk Adian Napitupulu dan Fahri Hamzah, Ini Aktivis yang Menjadi Wakil Rakyat

Rabu, 18 Mei 2022 - 10:49 WIB
Adian Napitupulu dan Fahri Hamzah. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Sejumlah aktivis seperti Adian Napitupulu dan Fahri Hamzah tercatat menjadi wakil rakyat di DPR RI. Beda dengan Adian yang masih menjadi wakil rakyat di Senayan, Fahri kini menjadi petinggi Partai Gelora.

Bukan cuma Adian dan Fahri yang mencatatnya namanya menjadi anggota DPRRI. Para aktivis lain yang tersebut tersebar ke banyak partai juga berhasil ke Senayan menjadi wakil rakyat.

Kala menjadi aktivis, mereka menyuarakan aspirasi rakyat melalui parlemen jalanan. Setelah menjadi wakil rakyat, para aktivis ini harus menyuarakan aspirasi rakyat melalui sidang-sidang di DPR.

Berikut ini SINDOnews tampilkan profil singkat aktivis yang menjadi wakil rakyat di DPR RI.

1. Adian Yunus Yusak Napitupulu



Adian Yunus Yusak Napitupulu atau lebih dikenal dengan Adian Napitupulu merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Perjuangan. Adian mewakili Daerah Pemilihan Jawa Barat V Periode 2014-2019.

Sebelum menjadi politisi, ia dikenal sebagai aktivis politik dan pergerakan mahasiswa.Pria kelahiran Manado, 9 Januari 1971 ini menyelesaikan S1 dari jurusan Ilmu Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Pada 1992, ia mendaftarkan diri sebagai anggota Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). Kemudian pada 1994, Adian menjadi Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UKI. Dia menjadi pendiri Forum Kota (Forkot) pada 1998.

Beberapa pergerakan pernah diikutinya, mulai dari Kelompok Diskusi Prodeo hingga Konsolidasi Demokrasi Indonesia (KDI).

Hingga kini, Adian masih menjadi anggota DPR RI.



2. Masinton Pasaribu

Masinton Pasaribu merupakan seorang politikus asal PDIP Perjuangan. Ia bukan orang baru di DPR. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai anggota dewan periode 2014-2019. Kemudian Masinton terpilih lagi menjadi anggota dewan periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta II.

Masinton lahir di Sibolga, 11 Februari 1971. Ia memperoleh gelar S1 Jurusan Hukum dari Sekolah Tinggi Hukum Indonesia pada 1996-2003. Ketika di bangku kuliah, Masinton aktif di organisasi. Pada 1997-1998, Masinton menjadi Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Indonesia. Selain itu, ia juga pernah menjadi Ketua Umum Relawan Perjuangan Demokrasi pada 2011-2016.

Beberapa pergerakan pernah dilakoninya, seperti menjadi Relawan Perjuangan Demokrasi, Front Perjuangan Pemuda Indonesia.



3. Faisol Riza

Faizol Riza merupakan anggota DPR sejak Maret 2018. Dia duduk di Komisi XI DPR. Faisol bukan anggota yang terpilih melalui Pemilu Legislatif 2014. Ia ditunjuk partainya menggantikan Abdul Malik Haramain yang mengundurkan diri dari jabatan anggota DPR lantaran mengikuti Pilkada Probolinggo 2018.

Pada Pemilu Legislatif 2019, Faisol Riza menjadi calon legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Daerah Pemilihan Jawa Timur II. Ia lolos dan ditunjuk sebagai Ketua Komisi VI DPR Periode 2019-2024.

Pria kelahiran Probolinggo, 1 Januari 1973 ini menyelesaikan gelar sarjana di bidang Ilmu Filsafat di STF Driyarkara. Sebelum menjadi anggota dewan, Faisol pernah menjadi staf khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga Periode 2014-2017. Ia juga sempat menjadi staf khusus Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada 2009-2014.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More