Berkah Lebaran untuk Ekonomi Daerah

Selasa, 10 Mei 2022 - 11:50 WIB
Salah satunya dengan mendukung pelaku UMKM memanfaatkan digitalisasi agar makin mudah menjual produknya. Digitalisasi akan membuat ongkos produksi lebih murah, berjualan lebih cepat dan lebih murah. Dengan demikian produk dan pemasaran UMKM akan lebih kencang dan bisa menjangkau wilayah yang lebih luas lagi.

Adapun stimulus lainnya, pemerintah mendukung para UMKM mendapatkan bahan baku dari negara sendiri. Selama ini para pelaku UMKM banyak yang mendapatkan bahan baku dari impor.

Bagi daerah yang minim objek pariwisata atau penduduknya tak banyak merantau, dampak (mudik Lebaran) akan sangat tergantung hal-hal kreatif yang bisa mereka lakukan, misalnya dengan menggelar festival budaya atau kuliner.

Ke depan multiplier effect mudik lebaran diharapkan akan semakin membawa manfaat bagi daerah-daerah. Apalagi, infrastruktur konektivitas antara daerah kini semakin memadai. Hal ini membuat arus barang dan penumpang juga semakin cepat, sehingga jumlah pemudik dari waktu ke waktu akan meningkat. Semakin banyak orang yang mudik lebaran ke daerah-daerah, maka akan semakin memacu pula perekonomian daerah.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More