Produk Tembakau Alternatif Dinilai Dapat Tekan Risiko Kesehatan Mulut dan Gusi

Minggu, 07 November 2021 - 16:47 WIB
Baca juga: Dampak Rokok vs Produk Tembakau Alternatif pada Kemampuan Penglihatan, Ini Bedanya



Selain penelitian, baru-baru ini, Unpad juga mengadakan seminar yang membahas terkait kesehatan gigi dari berbagai aspek. Salah satunya sesi yang membahas terkait produk tembakau alternatif berjudul 'E-cigarette: Science That Clears The Smoke' oleh Chairman Commission on Dental Education (Asia Pacific Denta; Federation) Arleen Reyes.

Sama seperti Amaliya, Arleen menyampaikan ada banyak isu kesehatan mulut yang timbul akibat konsumsi rokok seperti perubahan warna gigi, gingivitis, periodontitis, aroma napas tidak sedap, hingga kanker mulut. Isu kesehatan gusi dan mulut ini disebabkan oleh ribuan bahan kimia berbahaya yang dilepaskan dan terbentuk akibat pembakaran dalam proses konsumsi rokok.

Hal berbeda ditemukan pada tembakau alternatif yang mengedepankan proses pemanasan dan bukan pembakaran sehingga produksi bahan kimia berbahayanya secara signifikan berkurang.

"Bukti yang ada saat ini terkait efek produk bebas asap terhadap kesehatan menunjukkan bahwa beralih ke produk bebas asap berpotensi mengurangi efek buruk konsumsi rokok terhadap kesehatan mulut pada perokok," katanya.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More