Ladokgi TNI AL RE Martadinata Sukses Operasi Perdana Bedah Rahang

Selasa, 04 Juni 2024 - 17:18 WIB
loading...
Ladokgi TNI AL RE Martadinata Sukses Operasi Perdana Bedah Rahang
Ladokgi TNI AL RE Martadinata berhasil melaksanakan operasi bedah rahang untuk pertama kalinya. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Lembaga Kedokteran (Ladokgi) TNI Angkatan Laut (AL) RE Martadinata berhasil melaksanakan operasi bedah rahang atau ortognatic surgery untuk pertama kalinya. Operasi ini melibatkan tim spesialis bedah mulut dan tim spesialis ortodonti Ladokgi.

Operasi dengan bius total ini dipimpin langsung mantan Kaladokgi REM Laksda TNI (Purn) Setyo Hernowo yang merupakan ahli dalam hal ortognatic surgery. Menurut Hernowo, dalam operasi kali ini pasien didiagnosa memiliki kelainan rahang dengan asimetri rahang yang ekstrem sehingga mengganggu secara fungsi dan estetika.

“Untuk melakukan operasi ini pasien terlebih dahulu didiagnosa oleh dokter gigi spesialis ortodonti di Ladokgi dan dilaksanakan perawatan ortodonti terlebih dahulu untuk merapikan giginya serta tidak ada gigi yang memutar atau masih mengalami maloklusi atau kelainan pada giginya,” ucapnya, Selasa (4/6/2024).



Setelah proses perawatan ortodonti gigi selesai, baru di rencanakan untuk membetulkan rahang yang asimetri dengan operasi bedah rahang melalui pembiusan total. “Operasi dilakukan di ruang operasi besar Ladokgi TNI AL RE Martadinata,” katanya

Kepala Departemen Kedokteran Gigi Militer Ladokgi RE Martadinata selaku Ketua Tim Ortognatik menambahkan, operasi bedah rahang ini belum familiar bagi masyarakat awam dan masih banyak yang belum tahu tentang tujuan operasi ini.



“Jadi untuk kelainan gigi dan rahang yang ekstrem seperti contoh kasus gigi dengan posisi rahang bawah yang maju ke depan lebih dari 1 cm yang tidak bisa dikoreksi hanya dengan behel, maka bisa dilakukan operasi ini dengan didahului oleh perawatan ortodonti terlebih dahulu sampai rata giginya setelah itu baru bisa dilakukan operasi bedah rahang,” katanya.

Dalam pelaksanaan operasi bedah rahang perdana kali ini bisa dilaksanakan dengan lancar dan hasilnya rahang langsung menjadi simetri dan normal kembali.

Kaladokgi TNI AL RE Martadinata Laksma TNI DR Wawan Suridwan mengatakan ke depan Ladokgi TNI AL RE Martadinata akan selalu berusaha menjadi yang terbaik melayani di bidang kesehatan gigi dan mulut bagi para pejabat tinggi negara, seluruh prajurit TNI, keluarga, dan masyarakat umum.

”Saya memberikan apresiasi atas pencapaian keberhasilan tim dokter dan perawat yang telah sukses melakukan operasi bedah rahang perdana ini,” katanya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)
pixels