Daftar Misteri Harta Karun di Indonesia, Nomor 3 Nilainya Fantastis

Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:50 WIB
Pada masa Orde Baru, Soeharto dikabarkan pernah membentuk sebuah tim untuk memburu harta karun yang dimaksud. Namun, hingga saat ini, harta karun Soekarno yang dimaksud tidak pernah ditemukan.

Baca juga: Arkeolog Temukan Goa Berisi 400 Makam dan Harta Karun Peninggalan Romawi



2. Harta Karun VOC di Pulau Onrust

Pulau kecil yang terletak di Teluk Jakarta ini pada awalnya dikenal sebagai tempat masuknya kapal jika akan menepi di Batavia. Menurut sumber, sebelum VOC sepenuhnya bangkrut karena korupsi yang dilakukan oleh pegawainya, ada harta yang disembunyikan di sekitar Jakarta.

Lokasinya tidak diketahui. Beberapa sumber mengatakan bahwa harta tersebut disembunyikan di Pulau Onrust, dan sumber lain mengatakan kalau harta tersebut disimpan di bunker yang tersebar di Batavia. Namun, hingga saat ini keberadaan harta karun VOC di Pulau Onrust tersebut masih belum ditemukan.

3. Harta Karun Kapal Flor de La Mar

Tidak hanya daratan, laut Indonesia juga banyak menyimpan cerita mengenai harta karun. Salah satunya harta karun kapal Flor de La Mar. Kapal ini konon dimiliki oleh Kerajaan Portugal. Dengan panjang 118 kaki atau 35,9 meter, tinggi 111 kaki (33,8 meter) dan berat 400 ton, Flor de la Mar adalah kapal terbesar di armadanya masa itu.

Kapal ini karam pada 1511 karena dihantam badai. Di dalam kapal, terdapat banyak harta benda hasil jarahan Portugis. Terdapat 60 ton emas dengan total mencapai 2,6 miliar dolar Amerika Serikat atau senilai Rp34,6 triliun. Pada 1989, sempat diadakan pencarian harta yang memakan dana hingga Rp200 juta. Namun, harta karun kapal Flor de La Mar tersebut tidak pernah ditemukan.

4. Harta Karun Peninggalan Belanda
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More