Darurat Covid-19 Mengetuk Perikemanusiaan Kita

Senin, 19 Juli 2021 - 06:36 WIB
Jadi, situasi sekarang memanggil semua orang yang sehat untuk memberi pertolongan kepada mereka yang menderita. Semua orang dipanggil untuk mengejawantahkan perikemanusiaan. Sekecil apa pun bantuan yang bisa diberikan pasti sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita. Jumlah kasus Covid-19 di dalam negeri hingga Sabtu (17/7) terbilang 2,78 juta. Namun, jumlah orang yang menderita akibat sebaran kasus yang terus meluas mencapai puluhan juta orang, karena ragam kegiatan produktif masyarakat harus dihentikan sejalan dengan penerapan PPKM darurat.

Kalaupun tidak bisa membantu, minimal menunjukan empati kepada mereka yang menderita. Berempati pada penderitaan orang lain berarti mau menahan diri untuk tidak membuat gaduh ruang publik di tengah situasi darurat seperti sekarang. Tidak juga nyinyir atau menyemburkan kritik-kritik tidak proporsional hanya karena ingin menunjukkan diri sendiri paling benar. Sangat bijak jika semua pihak mau memberi kesempatan seluas-luasnya kepada pemerintah, para dokter, nakes, dan para relawan untuk merespons situasi darurat sekarang ini sejalan dengan strategi yang sudah ditetapkan. Kalaupun ada kekurangan atau kelemahan, suarakanlah dengan kritik yang konstruktif dan solutif.

Para elite dan pemerhati mungkin layak memaknai aksi sejumlah orang biasa-biasa saja dalam merespons situasi darurat sekarang ini. Mereka tidak bersuara, tetapi lebih memilih langsung berbuat untuk menolong mereka yang menderita. Mereka adalah contoh orang biasa yang lebih mengedepankan naluri perikemanusiaannya.

Di Jakarta, seorang warga merelakan rumahnya di Cilandak Barat menjadi tempat Isolasi pasien Covid-19. Di Bandung, seorang warga di RW 1/RT 2 Kelurahan Kacapiring juga ikhlas memberi rumahnya untuk dijadikan tempat isolasi mandiri bagi warga sekitar yang terpapar Covid-19. Masih di Bandung, seorang pedagang bubur ayam menyediakan hidangan gratis bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri. Pedagang bubur ini tergerak menolong setelah melihat ibu-ibu majelis taklim bergotong-royong menyediakan konsumsi bagi warga yang terpapar Covid-19.

Di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, para relawan dan ibu-ibu PKK bergotong-royong membangun dapur umum di tiga titik. Mereka menyediakan ribuan nasi kotak untuk diberikan kepada pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri. Di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, seorang warga setempat pun terpanggil membantu sesama yang sedang menjalani isolasi mandiri. Dia menyiapkan dan mengirimkan makanan berupa soto untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Tentu saja masih banyak aksi-aksi sosial yang dikerjakan masyarakat untuk menolong mereka yang menderita, namun tidak terekspos media. Mereka adalah orang kebanyakan yang oleh kearifan lokal terpanggil untuk mengejawantahkan perikemanusiaannya. Kita bersyukur karena tanpa diminta mereka memberi teladan yang baik untuk semua orang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(war)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More