Pandemik, Peluang Kebangkitan Ekonomi Digital

Selasa, 29 Juni 2021 - 13:06 WIB
Wabah Covid-19 menyebabkan banyak institusi pendidikan ditutup; sehingga akses angkatan kerja terhadap peningkatan keterampilan menjadi terkendala. Namun di sisi lain, pandemik juga mempercepat proses pengembangan media pembelajaran jarak jauh sehingga mempermudah akses masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru.

Karena itu, penutupan sekolah formal harus dikompensasi dengan perkembangan dan kemudahan akses terhadap berbagai platform pembelajaran online baik yang gratis maupun berbayar. Sehingga masyarakat di usia angkatan kerja memiliki kesempatan untuk menambah keterampilan dan pengetahuan baru melalui platform edutech (teknologi pembelajaran) dengan lebih murah dan lebih fleksibel.

Akselerasi Kebijakan

Pandemik meskipun umumnya dipandang sebagai krisis, namun memberikan peluang yang harus segera dimanfaatkan oleh para pemegang kebijakan maupun pelaku usaha. Langkah yang tepat merespon krisis akan membawa pada perbaikan kinerja ekonomi atau minimal menahan dampak krisis agar tidak berkelanjutan.

Di antara upaya yang prioritas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di masa pandemik ini adalah dengan mengakselerasi perkembangan ekosistem ekonomi digital di Tanah Air. Hal ini akan mempercepat terhubungnya sektor suplai khususnya UMKM dengan pasar konsumen tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Akselerasi ekosistem ekonomi digital juga relatif tidak membutuhkan belanja modal yang besar karena tidak membangun aset fisik dalam infrastrukturnya. Infrastruktur ekonomi digital semakin baik akan mempercepat adopsi pengetahuan bagi angkatan

kerja.

Inilah model pertumbuhan ekonomi endogen, yang berbasis riset, teknologi dan human capital yang mengoptimalkan potensi internal bangsa. Dan dalam jangka panjang, semoga upaya tersebut akan memperkuat daya saing bangsa dan menjadi kunci penggerak menuju high-income economy.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More