Merger di Industri Digital: Konsentrasi Pasar atau Efisiensi

Senin, 01 Maret 2021 - 06:19 WIB
Pergeseran posisi dominan dalam waktu relatif singkat dan tidak adanya barrier to entry adalah ciri dari contestable market - industri dengan tingkat persaingan yang kuat meski bisa saja memiliki rasio konsentrasi yang tinggi. Dalam struktur tersebut, bila ada merger strukturnya, akan tetap contestable marketdan punya potensi efisiensi yang lebih besar dibanding potensi konsentrasi kuasa.

Di sisi lain, pangsa pasar digital Indonesia masih relatif kecil dibanding seluruh industri di Tanah Air. Valuasi pasar dari lima perusahaan digital terbesar sekitar 2,1% dari nilai PDB (atas dasar harga berlaku) Indonesia. Ini artinya, pasar digital Indonesia masih bertumbuh - belum menjadi infrastruktur utama bertransaksi.

Langkah Logis untuk Mencapai Skala Ekonomis

Dalam industri yang sedang bertumbuh, merger menjadi langkah logis mencapai skala ekonomis. Merger bisa menghasilkan efisiensi dan memberi welfare gain bagi konsumen; membuka peluang bagi UMKM untuk dapat mengakses pasar secara mudah dan bersaing secara fair di pasar; serta memungkinkan untuk semakin mengembangkan inovasi.Tak kalah penting, merger bisa menghasilkan daya saing industri yang kuat dalam persaingan global sehingga perusahaan digital lokal Indonesia bisa mendunia – mengharumkan nama bangsa di percaturan industri digital tingkat internasional. Karena itu, dalam memandang merger di dunia digital pemerintah perlu melihat secara komprehensif dan mempertimbangkan manfaat positif yang diterima oleh masyarakat.
(war)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More