Pilpres 2024, Bisakah Moeldoko Mengejar Elektabilitas AHY?

Sabtu, 06 Februari 2021 - 07:42 WIB
Baca juga: Soal Moeldoko, Demokrat Ingatkan Lengsernya Megawati di KLB PDI oleh Soerjadi

"Untuk mengukur ada pengaruh atau tidak dan seberapa besar pengaruh isu pengambilalihan kepemimpinan Demokrat terhadap elektabilitas Moeldoko , semestinya diuji menggunakan instrumen penelitian," ujarnya.

Dalam konteks elektabilitas pilpres, lanjut Karyono, posisi saat ini pamor AHY tentu lebih moncer dibanding Moeldoko. Sebab, AHY memiliki panggung sebagai ketua umum partai. Selain itu, bedanya dengan Moeldoko, AHY lebih bebas bergerak dan menarasikan dirinya sebagai kandidat presiden. Sementara Moeldoko, meski memiliki panggung tetapi tidak sebebas AHY karena posisinya berada di dalam lingkaran kekuasaan.



Baca juga: Makin Panas, Moeldoko Disebut Sudah Cairkan DP 25% untuk Dongkel AHY


"Sehingga Moeldoko harus mencermati situasi dan mengalkulasi risiko politik jika ingin maju di pilpres. Moeldoko masih harus mencermati dari celah mana agar dapat berselancar dalam arena pilpres," ulas mantan Peneliti LSI Denny JA itu.

Pada posisi sekarang, katanya, Moeldoko memang ketinggalan start dengan AHY. Tetapi, bukan berarti Moeldoko tidak memiliki peluang untuk mengejar AHY. "Jika Moeldoko mendapat kesempatan dan ada momentum yang tepat maka peluang untuk mengejar elektabilitas AHY, tidak terlalu sulit karena elektabilitas AHY cenderung masih lemah dan cukup jauh jika dibandingkan Ganjar, Prabowo dan Anies," pungkasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(zik)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More