Mesra, PDIP-Gerindra Diprediksi Bikin Paket Koalisi di Pilkada dan Pilpres 2024

Minggu, 31 Januari 2021 - 08:34 WIB
PDIP-Gerindra diprediksi bikin paket koalisi di pilkada dan Pilpres 2024. Ilustrasi/Istimewa
JAKARTA - Hubungan 'mesra' yang terjalin antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra saat ini diprediksi bisa saja berlanjut ke 'hubungan politik' di tahun-tahun mendatang. Hubungan ini akan diikat oleh adanya 'paket koalisi' politik di level pemilihan kepala daerah (pilkada) sampai Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab menanggapi dinamika politik yang berkembang saat ini dengan munculnya isu perbedaan politik dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu , khususnya menyangkut pelaksanaan pilkada.

Baca Juga: Bandingkan dengan Timteng, KH Said: Indonesia Berhasil Lewati Sekat Agama, Suku dan Ras

Fadhli mengatakan, momentum politik terdekat yang diprediksi akan menjadi ajang 'umbar' kemesraan PDIP-Gerindra adalah Pilkada Serentak 2022-2023 dan Pilpres 2024 . "Koalisi PDIP-Gerindra saya lihat akan semakin mesra jelang tahun-tahun politik ini. Bukan tidak mungkin dua partai itu bisa bikin paket koalisi nantinya," kata Fadhli saat dihubungi SINDOnews, Minggu (31/1/2021).





Baca juga: Soal Polemik Pilkada Serentak 2024, Begini Sikap KPU


Menurut Fadhli, momentum ini dimulai dari sikap PDIP yang menginginkan agar keserentakan pilkada tetap dilaksanakan tahun 2024. Sementara mayoritas Fraksi di DPR menginginkan jadwal pilkada dilaksananan tahun 2022 dan 2023.

Dalam hal ini, PDIP diyakini akan merayu Partai Gerindra, mengingat Fadhli mendengar partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu belum menunjukkan sikap yang jelas terkait pelaksanaan Pilkada 2022 dan 2023 dibanding partai politik yang lain.

Baca Juga: Anies Baswedan

Lihat Juga: Cara Melacak No HP Lewat Google Maps Tanpa Diketahui
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More