Nama Kabinet Era SBY, Jokowi, dan Prabowo

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 08:14 WIB
Sejumlah tokoh masuk dalam kabinet dengan masa bakti 21 Oktober 2009 sampai dengan Oktober 2014 ini. Mereka adalah Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Hatta Rajasa sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan Agung Laksono sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Ada juga nama Sudi Silalahi sebagai Menteri Sekretaris Negara dan Purnomo Yusgiantoro sebagai Menteri Pertahanan.

3. Kabinet Kerja



Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan M Jusuf Kalla (JK) memenangi Pilpres 2014. Kabinet langsung dibentuk, diberi nama Kabinet Kerja.

Dasar pembentukan Kabinet Kerja adalah Keputusan Presiden Nomor 121/P Tahun 2014 tertanggal 27 Oktober 2014. Ada 34 kementerian dalam kabinet ini.



Masa bakti Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014 sampai dengan 20 Oktober 2019. Pada awal pembentukan, sejumlah tokoh masuk kabinet ini. Mereka di antaranya, Tedjo Edhi Purdijatno sebagai Menko Polhukam, Sofjan Djalil sebagai Menko Bidang Perekonomian, Indroyono Soesilo sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Puan Maharani sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Indroyono Soesilo sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

4. Kabinet Indonesia Maju



Jokowi terpilih kembali sebagai presiden pada Pilpres 2019. Ayah dari Gibran Rakabuming Raka itu berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin. Keduanya lantas membentuk Kabinet Indonesia Maju.

Kabinet ini terdiri atas 4 menteri koordinator dan 30 menteri bidang. Kabinet ini diumumkan pada 23 Oktober 2019 dan dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More