Sosok Gibran Rakabuming Raka, Wapres Termuda RI Pendamping Prabowo Subianto

Minggu, 20 Oktober 2024 - 14:33 WIB


Pada 2015, Gibran mengembangkan usaha martabak bernama Markobar yang sebelumnya dikelola oleh Arif Setyobudi. Di tangan Gibran, usaha yang berdiri sejak 1996 dengan konsep kaki lima itu berkembang pesat hingga memiliki gerai di berbagai daerah di Indonesia.

Keminatan suami Selvi Ananda itu di bidang usaha juga dibuktikan dengan mendirikan banyak lini usaha lain. Misalnya, mendirikan Restoran Pasta Buntel, CS Coffe Shop, dan Ceker Ayam Bakar. Tak hanya itu, pada 2018, Gibran bersama kawannya, Kevin Susanto mendirikan Goola, perusahaan rintisan (startup) yang juga fokus di bidang kuliner. Ia juga bekerja sama dengan adiknya, Kaesang Pangarep serta chef Arnold Poernomo, mendirikan restoran Mangkok Ku. Lalu membuat produk makanan dan minuman, Kemripik, Ngedrink, dan masih banyak lainnya.

Meski awalnya terlihat tidak memiliki ketertarikan dengan dunia politik, Gibran akhirnya mengikuti jejak ayahnya. Pada Pilkada 2020, secara mengejutkan, ayah Jan Ethes Narendra itu mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo. Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakosa berhasil mengalahkan rivalnya yang maju melalui jalur independen, Bagyo Wahyono dan Suparjo Fransiskus Xaverius. Gibran-Teguh meraih 225.451 suara atau 86,5% dari total 260.506 suara sah.

Gibran resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021. Selama kepemimpinannya, Gibran melakukan berbagai gebrakan, antara lain revitalisasi Taman Balekambang, Solo Technopark, Lokananta, Ngarsopuro, dan revitalisasi Koridor Gatot Subroto. Selain itu, juga dibangun Masjid Raya Sheikh Zayed yang merupakan bantuan hibah dari Presiden Uni Emirat Arab, Syekh Muhammed bin Zayed Al Nahyan. Masjid ini menjadi ikon baru Kota Solo yang mampu menampung hingga 10.000 ribu jemaah.

Menjelang Pilpres 2024, Gibran lagi-lagi membuat kejutan dengan maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto. Meski diwarnai kontoversi dan dinamika politik yang panas, pasangan Prabowo-Gibran akhirnya memenangi Pilpres 2024, unggul atas dua pasangan rivalnya, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD, hingga ditetapkan menjadi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih.

Itulah sekilas profil Gibran Rakabuming Raka, Wapres RI termuda pendamping Presiden Prabowo Subianto.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More