Kapal BHO untuk Perkuat Pertahanan Laut

Selasa, 15 Oktober 2024 - 05:07 WIB
Berdasar penelusuran, kapal BHO tercatat berperang penting dalam peran search and rescue (SAR) beberapa peristiwa penting di Tanah Air. Peran dimaksud antara lain membantu pencarian jatuhnya pesawat Adam Air di perairan Majene, Sulawesi Barat, pada Januari 2007; pencarian pesawat Boeing 737 MAX 8 PK-LQP milik Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang (29/10/2018); dan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu pada Sabtu (09/01/2021).

Musibah pesawat Lion Air di perairan Tanjung Karawang, misalnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang mengkoordinasi pencarian dibantu TNI AL yang mengerahkan KRISpica (934)dan KRILeuser-924. Berita ‘’CVR Lion Air PK LQP Ditemukan, Pengerahan KRI Spica (934) dan KRI Leuser (924) Buahkan Hasil’’ yang dirilis www.airspace-review.com menyebutkan, berkat kecanggihan kapal Pushidrosal tersebut membantu menemukan pesawat pada hari keenam dari rencana pencarian selama 7 hari plus 3 apabila belum ditemukan. Tim Penyelam dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada I TNI Angkatan Laut yang menindaklanjuti berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder(CVR) pesawat.

Kapal BHO memang sangat bermanfaat untuk melakukan misi search and rescue musibah yang terjadi di lautan. Namun sebetulnya, alutsista jenis tersebut akan lebih bermanfaat untuk fungsi pokok seperti untuk survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum, serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut. Implementasi fungsi tersebut bisa memitigasi terjadinya musibah seperti dialami KRI Nanggala (402).

Bagaimana bisa? Artikel ‘’Internal Wave Perairan Indonesia Tengah’’ yang dipublikasi www.indonesiare.co.id mencoba merangkum berbagai pendapat ahli tentang penyebab tenggelamnya KRI Nanggala-402 berdasar karakteristik Laut Bali yang unik baik, dari batimeri dan sifat fisis laut. Secara batimeri, Laut Bali yang merupakan bagian perairan Indonesia tengah diwarnai kontur batimeri dari dangkal ke tinggi yang variatif.

baca juga: KSAL Ungkap Pembangunan Kekuatan Kapal Selam TNI AL Semakin Mendesak

Selain itu, wilayah laut tersebut juga diwarnai dengan terjadinya proses fisis yang unik di perairan tersebut, diantaranya keberadaan arus lintas yang merupakan pertukaran massa air laut Samudera Pasifik dan Samudera Hindia; adanya ocean mixing atau pencampuran fisis antarlapisan air laut yang melibatkan salinitas dan temperatur; serta terjadinya internal wave atau gelombang yang terjadi di badan perairan akibat adanya stratifikasi badan air dan gangguan.

Dari beberapa kondisi fisis tersebut, KRI Nanggala (402) tenggelam diduga akibat internal wave. Pendapat tersebut muncul karena melihat dari singkatnya waktu insiden dan kedalaman ditemukannya kapal selam. Hanya dalam hitungan menit, dihitung sejak terakhir kontak, kapal dapat mencapai kedalaman ratusan meter. Hipotesa yang disampaikan peneliti adalah ada energi yang cukup besar untuk menenggelamkan kapal secara cepat.

Kepada media (28/4/2021), Asrena Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksda TNI Muhammad Ali menyebut tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala (402)diduga karena adanya faktor alam. Disebutkan, saat kapal selam menyelam, yang paling berpengaruh adalah faktor arus bawah laut yang berbeda tergantung kondisinya. Untuk itulah, sebelum melakukan operasi penyelaman, awak kapal selam terlebih dulu melihat panduan untuk menyampaikan kondisi daerah, seperti faktor oseanografi maupun hidrografi.Di antara faktor alam dimaksud adalah internal solitary wave. Mengutip penjelasan beberapa pakar dan ahli oseanografi, (di Laut Bali) ada arus bawah laut yang cukup kuat yang bisa menarik secara vertikal. Sehingga, jatuhnya kapal ke bawah lebih cepat dari umumnya.

Senada, Danseskoal Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengungkapkan, berdasar Satelit Himawari-8 milik Jepang dan Satelit Sentinel milik Eropa, pada tanggal 21 April atau tanggal 20 UTC terjadi internal wave di Laut Bali. Arahnya bergerak dari bawah ke utara. "Kalau kita terkena internal wave, maka itu adalah kehendak alam tentunya para prajurit tidak bisa melakukan peran kedaruratan walaupun mereka sudah siap berada di pos tempurnya masing-masing," jelas Iwan.

Sebagai informasi, seperti dipublikasikan www.indonesiare.co.id, internal wavemerupakan gelombang yang terjadi antarlapisan air laut (stratifikasi) akibat adanya gangguan.Stratifikasi lapisan air laut timbul akibat perbedaan massa jenis secara vertikal yang disebabkan perbedaan temperatur dan salinitas. Gaya pembangkit gelombang disebabkan adanya arus yang terjadi di perairan tersebut. Perairan Indonesia tengah yang merupakan salah satu jalur pergerakan Arus Lintas Indonesia (Arlindo) memiliki karakater pasang surut kuat. Variasi morfologi batimetri sill dan palung laut di perairan tersebut menambah faktor munculnyainternal wavekuat terjadi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More