Generasi Muda Diingatkan Pegang Teguh Nilai Pancasila

Rabu, 11 September 2024 - 15:30 WIB
Maka Soepandji menyebut dalam sejarah sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan 1945, terdapat pesan penting dari almarhum Soepomo yang merupakan Guru Besar FHUI.

"Dia berpesan salah satu yang sangat penting dalam kehidupan bernegara ialah semangat dari para penyelenggara negara itu sendiri," ujarnya.

Dia pun mengingatkan, bahwa hal paling nyata dalam penerapan nilai-nilai ini adalah perlindungan pada ekonomi nasional sebagai urat nadi bangsa. Pemerintah sekaligus harus menjauhkan intervensi asing dari sistem hukum nasional.

Modusnya kerap menggaungkan slogan bahaya eksternalitas negatif dari aktivitas perekonomian nasional. Namun sekaligus tidak memiliki solusi konkrit dalam peningkatan taraf hidup, kesejahteraan, kemakmuran, keadilan serta keberlanjutan masyarakat.

"Sehingga dari sini seluruh komponen bangsa harus bersatu dalam melindungi kepentingan nasional," tutupnya.

Di acara tersebut sekaligus menjadi momen soft launching buku bertajuk, "The Struggle for Pancasila Based Great Indonesia" karya Kris Wijoyo Soepandji. Dalam kesempatan tersebut acara dibuka oleh Ketua Puska HP, Suparjo Sujadi dan Penanggung Jawab Mata Kuliah MMI, Ghunarsa Sujatnika.
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More