Gastronomi Jadi Jalan Diplomasi Mantan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 15:32 WIB
Senada dengan puti Soekarno dan Nadia Habibie, putri bungsu Gus Dur ini mengungkapkan gastronomi kuliner ini digunakan ayahnya untuk berdiplomasi menyambut tamu negara lain yang mana menyajikan makanan tradisonal khususnya makanan khas Jawa Timur

“Saya sepakat makanan itu sumber kekuatan tubuh dan saya pun percaya negara itu enggak beda jauh dengan tubuh kalau kuat tubuh itu membutuhkan kedaulatan pangan yang begitu menggambarkan identitas kekuatan negara keluar dan ke dalam di tengah problem saat ini dunia sudah dalam krisis pangan, krisis iklim yang terjadi di banyak negara negara di dunia perlu ketahanan pangan di Indonesia dan berharap kita semua tercukupi sumber pangan yang menjadi kekuatan besar bagi Negara,”paparnya.

Ketua Umum IGC Ria Musiawan menyatakan tujuan dari acara ini adalah untuk memperkaya pengetahuan publik tentang gastronomi yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari para mantan Presiden di Istana Negara.

“Melalui talkshow ini, IGC berharap dapat menunjukkan kecintaan para mantan Presiden terhadap makanan Indonesia, serta menjadi bagian dari upaya nation-branding Indonesia melalui diplomasi kuliner,” ucap Ria.

Dalam acara yang berlangsung di Pendopo Lounge, Borobudur Hotel, ini dimoderatori oleh Ray Basrowi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum IGC. Selain itu, Batik Chic juga turut ambil bagian dalam acara ini dengan dukungan dari generasi muda IGC, yang menambahkan sentuhan budaya Indonesia dalam talkshow ini.

Dengan adanya kehadiran keturunan mantan Presiden RI, talkshow ini menjadi momen penting untuk mengenang dan menghargai kecintaan pemimpin bangsa terhadap kekayaan kuliner Indonesia, sekaligus memperkuat upaya diplomasi budaya melalui gastronomi.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More