Profil Mayjen TNI Djon Afriandi, Danjen Kopassus yang Pernah Sopiri Luhut Pandjaitan

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 08:27 WIB
Belasan tahun berdinas di Kopassus, Djon mendapat tugas baru pada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Dia dipercaya mengemban amanat sebagai Danden 1 Grup A Paspampres (2011-2013) dan Wadan Grup A Paspampres.

Kemudian, Djon kembali ke rumah lamanya dengan menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Danjen Kopassus. Setelah itu, dia juga sempat diplot sebagai Komandan Grup 1/Kopassus.

Pada periode 2017-2020, Djon ditunjuk menjadi Koorspri KSAD. Sempat bertugas sebagai Danrem 012/Teuku Umar (2020-2022), dia pecah bintang satu ketika dipromosikan menjadi Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil pada 2022.

Kemudian, Djon menduduki jabatan Staf Khusus KSAD dari tahun 2023 hingga 2024. Barulah pada Februari 2024, dia diangkat menjadi Danjen Kopassus, sehingga pangkatnya pun naik menjadi bintang dua atau Mayjen TNI.

Sopiri Luhut Pandjaitan



Pemandangan menarik tercipta ketika perayaan HUT ke-72 Kopassus pada Selasa (30/4/2024). Danjen Kopassus Djon Afriandi waktu itu terlihat menyopiri Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Saat momen upacara perayaan HUT ke-72 Kopassus selesai, para pejabat tinggi TNI dan mantan tokoh Kopassus terlihat saling bersalam-salaman di tenda VIP upacara. Tak lama berselang, Luhut yang baru terlihat tiba-tiba masuk ke mobil taktis depan bangku tamu VIP.

Luhut sendiri memilih duduk di kursi depan mobil taktis tersebut. Djon Afriandi yang melihatnya langsung duduk di bangku sopir mobil.

Sementara itu, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak juga ikut berdiri persis di samping Luhut sambil bergelantungan di pegangan besi. Tepat di belakang Maruli, terlihat ada eks Danjen Kopassus Mayjen Iwan Setiawan.

Rombongan para petinggi dan purnawirawan TNI itu kemudian melaju bersama kendaraan taktis menuju gedung Nanggala untuk mengikuti acara selanjutnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More