Prospek Kerja Sama Pertahanan Indonesia-UEA

Senin, 08 Juli 2024 - 05:01 WIB
Selama menjabat menteri pertahahan, Prabowo memang menunjukkan intensitasnya dalam meningkatkan kerja sama pertahanan dengan UEA. Tercatat, sejak mendapat amanat memegang posisi tersebut di era Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, dia tercatat beberapa kali melakukan kesepakatan dengan koleganya dari UEA. Pada 2019, misalnya, Prabowo Subianto meneken MoU perjanjian kerja sama di bidang pertahanan dengan UEA Mohammed Ahmed Al Bowardi. Penandatanganan itu sebagai tindak lanjut dari letter of intent (LoI) yang ditandatangani kedua negara di Bogor pada Juli 2019.

Seperti dipaparkan Humas Kemhan, selain memperkuat diplomasi pertahanan untuk merespons situasi global yang semakin dinamis, kunjungan itu juga untuk menjajaki pengadaan alutsista yang diperlukan Indonesia, terutama untuk mencapai target pemenuhan alutsista sesuai dengan Minimum Essential Force (MEF). Di kesempatan itu, Menhan Mohammed bin Ahmed Al Bawardi menunjukkan penerimaan Prabowo sebagai sahabat, dengan mengajak Prabowo berbincang di padang pasir dan meminta mantan Danjen Kopassus itu melepas burung elang milik Menhan UEA untuk berburu.

Selanjutnya pada 2022, di sela-sela menghadiri pameran World Defense Show 2022 di Riyadh, Arab Saudi, Prabowo kembali bertemu dengan Menhan Mohammed Ahmed Al Bowardi untuk membahas kelanjutan kerja sama bidang pertahanan. Fokus pembahasan antara lain pada bidang industri pertahanan dan pendidikan. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman (MoU) kerja sama pertahanan antara Kemhan RI dan Kemhan UEA yang ditandatangani Februari 2020 lalu di Abu Dhabi, dan pertemuan Joint Defence Cooperation Plan (JDCP) yang merupakan implementasi dari MoU tersebut.

Beberapa lingkup kerja sama pertahanan antara kedua negara yang telah disepakati dalam MoU tersebut, di antaranya adalah kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi industri pertahanan, peningkatan kapasitas termasuk SDM, dan pertukaran informasi dan pandangan terkait kepentingan kedua negara dalam hal pertahanan dan keamanan.

Melihat kerja sama yang telah dilakukan Indonesia-UEA sejak periode kedua kepemimpinan Jokowi, dapat disimpulkan adanya perkembangan dan intensitas luar biasa dibanding periode sebelumnya, termasuk di periode pertama Jokowi (2014-2019). Kondisi tersebut mencerminkan orientasi politik luar negeri dan bertemunya national interest kedua negara yang saling melengkapi dan menguntungkan.

baca juga: Top! Prabowo Bawa Industri Pertahanan Kerja Sama dengan UEA, Pengamat: Ini Cerdas

Pada sisi personality politics, harus diakui salah satu variabel yang mendukung terwujudnya kedua negeri tersebut adalah kedekatan yang terbangun antara Jokowi-MBZ, sehingga kerja sama yang terwujud tampak tidak sekadar formalitas dengan puncak adanya kesepakatan IUAE-CEPA, tapi persahabatan. Adanya tribute yang diberikan masing-masing kepala negara kepada koleganya itu merupakan bukti kuatnya jalinan persahabatan itu.

Dari berbagai kerja sama yang dicanangkan dalam kesepakatan IUAE-CEPA, tak dapat dimungkiri kerja sama di sektor pertahanan paling menonjol. Selama hampir lima tahun menduduki posisi menteri pertahanan, Prabowo sangat intens memperkuat kerja sama sama pertahanan hingga mendapat medali ‘Zayed’ dari negeri kaya minyak itu.

Tak kalah pentingnya, kerja sama tersebut berjalan kongkret, dengan bukti rajutan kerja sama perusahaan alutsista kedua negara seperti ditunjukkan PT PAL, PT Pindad dan PT DI dari Indonesia dengan counterpart-nya seperti Marakeb Technologies LLC, Calidus LLC, Caracal, Edge Group, Tawazun, dan Lahab. Kerja sama yang terbangun pun semakin luas, bukan sekadar transaksi alutsista, tapi juga kerja sama pemasaran, transfer of technology (ToT), kerjasama riset hingga produksi bersama.

Ambisi Prabowo sebagai presiden terpilih yang bertemu dengan ambisi MBZ yang dikukuhkan saat momen pertemuan di Istana Al Shati, Abu Dhabi, Senin (13/5/2024), menegaskan kemesraan kedua negara akan berlanjut dan diperkuat. Bahkan, arah kerja sama pertahanan sangat mungkin diperluas dan akan mengeksploitasi berbagai peluang strategis lain.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More