Profil Mayjen TNI Haryanto, Teman Seangkatan Panglima TNI yang Jadi Pangdam XVIII/Ksr

Sabtu, 23 Maret 2024 - 13:28 WIB
Sempat memimpin territorial dengan menjabat Dandim 0201/Medan, dia kembali masuk ke Korps Baret Hijau Kostrad dengan menjabat Kasbrigif Linud 18/Trisula Kostrad. Kemudian Danbrigif Linud 3/Tri Budi Sakti. Dedikasi dan loyalitasnya membuatnya dipercaya menjadi Asops Kasdam VI/Mulawarman, kemudian Asops Kaskostrad, Pamen Denma Mabesad hingga Danpusdikif Pussenif Kodiklatad.

Haryanto akhirnya pecah bintang dengan menjabat sebagai Kasdivif 2/Kostrad, kemudian Dirlat Kodiklatad, dan Waaslat Kasad Bidang Latihan. Karier militernya semakin moncer, dia kemudian ditunjuk menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang Jahpers. Jabatan ini membuat bintang emas di pundaknya bertambah menjadi dua atau Mayjen TNI.

Selanjutnya, dia dipercaya menjadi Pangdivif 2/Kostrad. Bertugas selama setahun sejak 2023—2024. Dia akhirnya dipercaya menjadi Pangdam XVIII/Kasuari hingga sekarang. Di bidang akademik, Haryanto juga banyak mengikuti pendidikan militer. Di antaranya, Susarcab Inf, Suslapa I Inf, kemudian, Suslapa II Inf. Termasuk Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada 2006 serta Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI pada 2015.

Tidak hanya itu, dia juga pernah mengikuti pendidikan pengembangan personel seperti Sussar PARA, Airborne pada 1993, Tar Korbantem, Tar Intel Strat, MTT Recruitmen, termasuk pendidikan Tar Ops Linud pada 1997 dan Tartih Inf Terpusat.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More