6 Fungsi Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Beserta Penjelasannya

Senin, 13 November 2023 - 13:01 WIB

3. Pancasila Merupakan Hasil Perjanjian Leluhur



Fungsi ini berarti Pancasila merupakan hasil kesepakatan dan komitmen bersama bangsa Indonesia yang beraneka ragam suku, agama, budaya, dan adat istiadat. Pancasila menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dipertahankan.



4. Menjadi Cita-cita dan Tujuan Bangsa



Pancasila menjadi cita-cita dan tujuan bangsa artinya Pancasila menggambarkan harapan dan aspirasi bangsa Indonesia dalam mencapai kesejahteraan, kemakmuran, keadilan, dan kedamaian. Pancasila juga menjadi pedoman dan arah bagi bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan dan kemajuan nasional.

5. Pancasila Menjadi Asas dari Segala Asas



Fungsi ini berarti Pancasila menjadi prinsip dasar yang mengatur dan mengikat seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Pancasila juga menjadi dasar bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya di Indonesia.

6. Pancasila Menjadi Moral dalam Pembangunan



Fungsi Pancasila sebagai moral dalam pembangunan berarti Pancasila menjadi sumber nilai dan norma yang mengatur dan mengawasi proses pembangunan di Indonesia. Pancasila juga menjadi ukuran dan kriteria bagi keberhasilan dan kegagalan pembangunan di Indonesia.
(okt)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More