6 Fungsi Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Beserta Penjelasannya

Senin, 13 November 2023 - 13:01 WIB
Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia berarti mencerminkan ciri khas dan jati diri bangsa Indonesia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Pancasila merupakan ideologi dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila. Kelima sila dalam Pancasila menjadi pedoman dalam pengambilan keputusan bagi pemimpin bangsa.

Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia berarti mencerminkan ciri khas dan jati diri bangsa Indonesia yang berbeda dengan bangsa lain. Pancasila menunjukkan nilai-nilai yang menjadi dasar dan tujuan bangsa Indonesia dalam berdiri sebagai negara merdeka dan berdaulat.

Berikut adalah enam fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa.

Fungsi Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa



1. Menjadi Jiwa Bangsa Indonesia





Fungsi ini berarti Pancasila merupakan sumber inspirasi dan motivasi bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan zaman. Pancasila juga menjadi landasan moral dan etika bagi bangsa Indonesia dalam berinteraksi dengan bangsa lain.



2. Pancasila Menjadi Sumber dari Segala Hukum



Pancasila sebagai sumber dari segala hukum berarti Pancasila menjadi acuan utama dalam pembentukan dan pelaksanaan hukum di Indonesia. Pancasila juga menjadi dasar bagi pengakuan dan perlindungan hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan sosial di Indonesia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More