Akhiri Polemik, Terbuka Saja

Kamis, 30 April 2020 - 06:45 WIB
Media itu menyebut telah meninjau data 16 dari 34 provinsi di Indonesia untuk mendapatkan hasil itu. Ke-16 provinsi tersebut memiliki total penduduk lebih dari tiga perempat penduduk Indonesia.

Reuters juga menyebut bahwa Indonesia memiliki salah satu tingkat pengujian Covid-19 terendah di dunia dan beberapa ahli epidemiologi mengatakan bahwa itu telah mempersulit berbagai pihak untuk mendapatkan gambaran akurat tentang tingkat infeksi di negara terpadat keempat di dunia ini. Yang membuat kaget, data itu tak dibantah oleh pemerintah.

Bahkan, pemerintah merilis 213.644 individu yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) dan 20.428 sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) di Indonesia. Pemerintah telah mengaktifkan 48 laboratorium untuk pemeriksaan sampel terkait Covid-19. Laboratorium pemeriksaan itu terdiri atas laboratorium yang ada di perguruan tinggi di Indonesia, laboratorium Kementerian Kesehatan, laboratorium kesehatan daerah, dan laboratorium rumah sakit, hingga balai veteriner.

Keberhasilan Jakarta melandaikan kurva tentu perlu dijadikan pengalaman bagi daerah lainnya dalam menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Bagaimana menjaga kedisiplinan masyarakat dan dunia usaha. Adapun hal yang paling penting, masyarakat harus tetap fokus untuk mengikuti protokol dan mengabaikan segala bentuk agitasi dan propaganda yang dilakukan oleh pihak-pihak yang patut diduga sengaja dipasang untuk membuat suasana tidak kondusif.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More