Janji Swasembada Pangan

Kamis, 19 Maret 2015 - 10:06 WIB
Janji Swasembada Pangan
Janji Swasembada Pangan
A A A
Remy Sosiawan Wijaya
Mahasiswa Departemen Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan; Ketua Umum Himpro REESA; dan Aktivis HMI. Institut Pertanian Bogor


Meraih swasembada pangan merupakan salah satu visi yang tercantum dalam sembilan agenda prioritas pemerintahan Jokowi-JK yang biasa disebut dengan Nawacita.

Dalam mewujudkan salah satu butir Nawacita tersebut perlu melakukan banyak hal untuk membangun pertanian secara kompre hensif. Masih banyak sekali permasalahan pertanian di tanah ibu pertiwi ini. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) bertekad untuk mencapai swasembada pangan dalam kurun waktu tiga tahun. Hal ini perlu kerja keras bagi seluruh stakeholder, termasuk melibatkan perguruan tinggi.

IPB, UGM, danUnhasmerupakan tiga universitas yang ditunjuk secara khusus untuk membenahi pertanian Indonesia. IPB fokus untuk beras, UGM untuk kedelai, dan Unhasuntukjagung. Jangan sampai dalam mewujudkan swasembada ini pemerintah fokus intensifikasi saja, melainkan juga harus melakukan ekstensifikasi di luar Pulau Jawa mengingat potensi yang dimiliki oleh daerah lain belum tersentuh.

Selain itu, dalam pembangunan pertanian, pemerintah harus memegang teguh kedaulatan pangan. Indonesia harus berdaulat dalam pertanian dan jangan biarkan bangsa lain mengintervensi kedaulatan kita. Kementan mendapat dana sebesar Rp16,9 triliun dari pengalihan subsidi BBM.

Anggaran total Kementan untuk tahun 2015 sebesar Rp32 triliun. Dengan dana tambahan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas infrastruktur penunjang serta penyerapan teknologi yang lebih maksimal dan merata di seluruh pelosok tanah air.

Swasembada pangan sudah bukan saatnya lagi menjadi sekadar jargon para politisi dan akademisi negeri ini, melainkan harus dijadikan program kerja nyata guna meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, khususnya para petani dan buruh tani.
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6874 seconds (0.1#10.140)