Tridarma Perguruan Tinggi & Globalisasi

Senin, 23 Februari 2015 - 10:10 WIB
Tridarma Perguruan Tinggi & Globalisasi
Tridarma Perguruan Tinggi & Globalisasi
A A A
Mohammad Darry Abbiyyu
Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik, Menteri Sosial dan Politik BEM FISIP Unair. Universitas Airlangga

Perguruan tinggi merupakan sebuah “kawah candradimuka” bagi generasi muda guna meneruskan tongkat estafet perjuangan negara dan bangsanya.

Pentingnya dinamika perjuangan serta proses pembelajaran yang ada di perguruan tinggi sudah ditunjukkan dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia dari waktu ke waktu. Semangat akan perubahan dan keinginan untuk pembaruan selalu diawali oleh pikiran-pikiran civitas academica yang berada di perguruan tinggi.

Hal tersebut semakin ditekankan dengan adanya tridarma perguruan tinggi, yang dimaksudkan agar para civitas academica yang ada di kampus-kampus selalu ingat akan pengabdiannya terhadap masyarakat, bangsa, dan negaranya. Namun zaman sudah berubah, tantangan negara dan bangsa akan semakin besar, tren globalisasi membawa dampak terhadap komersialisasi pendidikan terutamanya perguruan tinggi.

Pertanyaannya mampukah tridarma perguruan tinggi menjawab tantangan zaman dalam hal ini globalisasi? Kemampuan tridarma perguruan tinggi dalam menjawab tantangan globalisasi akan dijabarkan tiap-tiap poin mengenai isi tridarma perguruan tinggi itu sendiri. Isi tridarma perguruan tinggi yang pertama adalah pendidikan dan pengajaran, proses ini sangat penting dalam proses pembelajaran.

Perubahan cara mendidik dan mengajar harus dilakukan pada proses belajar mengajar. Poin yang kedua adalah penelitian dan pengembangan. Digabungnya pendidikan tinggi ke dalam Kementerian Riset dan Teknologi tentunya akan membawa angin segar bagi intelektual muda kampus untuk menciptakan karya. Dukungan dari Kemenristek Dikti baik secara ilmu maupun finansial bagi masyarakat kampus akan menumbuhkan semangat guna membuat karya bagi bangsa dan negara.

Poin yang ketiga adalah pengabdian kepada masyarakat. Memajukan pendidikan tinggi sejatinya untuk kemajuan masyarakat secara luas. Pengubahan proses pembelajaran serta pengembangan akan riset dan teknologi yang dilakukan pendidikan tinggi harus berdampak positif bagi masyarakat.
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5437 seconds (0.1#10.140)