Calon Hakim Konstitusi Imam Anshori Dicecar Soal Rush

Selasa, 30 Desember 2014 - 11:37 WIB
Calon Hakim Konstitusi Imam Anshori Dicecar Soal Rush
Calon Hakim Konstitusi Imam Anshori Dicecar Soal Rush
A A A
JAKARTA - Calon hakim konstitusi Imam Anshori Saleh dicecar tim pakar seleksi hakim konstitusi mengenai harta bergeraknya, Toyota Rush seharga Rp125 juta.

Sekadar diketahui, Imam yang kini sebagai Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY), pernah menjadi anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2004-2009.

Imam pernah membeli mobil Toyota Rush tahun 2007. Kepemilikan mobil itu atas nama istri Imam. Imam menggunakan uang dari sewa rumah anggota DPR untuk membeli mobil Toyota Rush itu.

Seorang panitia seleksi calon hakim konstitusi, Widodo Ekatjahjana menanyakan hal demikian kepada Imam saat proses tes wawancara tahap kedua di ruang serbaguna Gedung III Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg)

"Bagaimana cara bapak mempertanggungjawabkan uang yang seharusnya untuk sewa rumah dinas, tapi dibelikan mobil?" tanya Widodo kepada Imam, di Kemensetneg, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (30/12/204).

Imam mengatakan, uang untuk membeli Toyota Rush itu diberikan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR.

"Tidak diatur untuk menyewa rumah, kalau punya rumah sendiri. Karena saya punya rumah sendiri, saya belikan mobil. Uang itu tidak diberikan perbulan, tapi setahun, itu sudah diperbolehkan BURT," jawab Imam.

Kemudian, Widodo pun kembali mencecar Imam. "Kalau menurut pendapat Pak Imam, benar enggak begini? Sementara peruntukannya ini berbeda?" tanya Widodo lagi kepada Imam.

Imam yang tengah mengenakan batik itu pun kembali menjelaskan. Imam mengaku saat itu sudah mengikuti aturan BURT DPR.

"Disampaikan waktu itu, ini sebagai uang pengganti sewa rumah yang sedang direnovasi, termasuk bantuan beli mobil. Kalau kita sudah punya mobil, tidak harus beli mobil baru. Kalau ada aturannya saya mengikuti," pungkas Imam.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4798 seconds (0.1#10.140)