Harapan Indonesia Hadapi 2015

Sabtu, 20 Desember 2014 - 11:03 WIB
Harapan Indonesia Hadapi 2015
Harapan Indonesia Hadapi 2015
A A A
Indonesia harus banyak belajar dan perlu introspeksi. Bukan hanya pemimpin, namun juga seluruh elemen masyarakat perlu introspeksi.

Desember tinggal menghitung hari dan tahun akan berganti. Apa yang sudah kita berikan untuk negeri ini? Ataukah selama ini kita hidup hanya untuk diri kita sendiri? Bila suatu sistem tidak berjalan baik, ada dua kemungkinan. Pertama, kesalahan pada sistem. Kedua, kesalahan pada penggerak sistem.

Seharusnya ini membuat kita berpikir sudah seberapa jauh kita menjaga kebenaran sistem untuk dijalankan sesuai pada tempatnya. Tahun 2015 sudah telanjur di depan mata. Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah menghadapi itu dengan harapan baru. Harapan adalah sesuatu yang datang dari keyakinan, jangan menghapus keyakinan bahwa Indonesia bisa lebih baik. Ada jutaan anak di pelosok negeri yang punya mimpi.

Taruh harapan itu di tas-tas mereka. Ada pula jutaan perempuan Indonesia yang akan menjadi ibu dan mendidik para penerus bangsa. Berikan harapan itu di setiap doa mereka serta jutaan pemuda Indonesia yang akan menjadi pemimpin. Mintalah mereka untuk menjaga harapan baru dalam hati mereka.

Sekarang sudah saatnya untuk melangkah maju. Jika kita berjalan sambil melihat ke belakang, pasti kita akan terjatuh. Berubah pun perlu menentukan arah dan strategi guna membuka peluang dan perubahan agar tak sekadar omong kosong. Mungkin mulai dari malam tahun baru yang biasanya diisi dengan menembakkan kembang api, tahun ini bisa diganti dengan yang lebih bermanfaat seperti berbagi makanan kepada yang membutuhkan. Jika hanya satu atau dua orang yang melakukan itu, mungkin tidak akan terasa.

Coba bayangkan apabila seluruh elemen masyarakat Indonesia serentak melakukan itu. Di sinilah peran para pemimpin sebagai penggerak. Apa yang mereka lakukan itulah contoh yang akan diikuti masyarakat. Harapannya muncul perubahan dari lingkup paling kecil yaitu keluarga hingga ke seluruh Indonesia.

Muthi Fatihah Nur
Mahasiswi Jurusan Biologi, Dewan Pengurus Himpunan Mahasiswa Bioloi UNPAD 35. Universitas Padjadjaran Bandung
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6691 seconds (0.1#10.140)