Dinamika Politik

Sabtu, 04 Oktober 2014 - 18:36 WIB
Dinamika Politik
Dinamika Politik
A A A
JAKARTA - Wajah panggung politik nasional dalam sepekan terakhir sangat dinamis bahkan bisa dikatakan tensinya memanas.

Diawali dengan pelantikan anggota DPR RI periode 2014- 2019 yang sempat diwarnai aksi kericuhan saat pengesahan tata tertib di DPR maupun ketika pemilihan pimpinan DPR.

Kita tidak perlu masuk dalam rivalitas politik yang sedang berkecamuk antara Koalisi Merah Putih (KMP) yang mendukung mantan capres Prabowo Subianto dan kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) sebagai ruling party pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Anggap saja rivalitas mereka sebagai proses politik yang kita harapkan berdampak baik dalam kehidupan demokrasi kita.

Pergulatan politik di parlemen adalah hal lumrah dalam sistem demokrasi di negara manapun.

Justru ini yang membedakan negara demokrasi dan negara otoriter yang kelihatan tenang di permukaan tapi cakar-cakaran di dalam.

Perbedaan pendapat, perebutan pengaruh, psywar, adu mulut, adu citra di mata publik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses politik di parlemen.

Pengambilan keputusan secara aklamasi maupun voting adalah hal yang telah disepakati sebagai konsekuensi sistem demokrasi.

Karena itu, dinamika politik di DPR harus didudukkan pada bingkai yang tepat. Kalah dan menang dalam pengambilan keputusan adalah sesuatu yang tidak terhindarkan. Mungkin saat ini KMP sedang giliran menang dalam isu pilkada, tata terbit, maupun pemilihan pimpinan DPR, sedangkan KIH harus kecewa berat karena kalah strategi di tiga isu itu.

Kemenangan KMP dan kekalahan KIH bukanlah hal yang akan mutlak terjadi. Sangat mungkin dalam isu-isu lain di masa datang giliran KIH yang unggul dan KMP yang kalah. Dan sangatlah manusiawi jika yang menang senang dan yang kalah sedih. Yang penting semua itu dilalui dengan proses politik yang fair dan sesuai aturan main yang disepakati dalam undang-undang maupun tata tertib.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0838 seconds (10.177#12.26)