Golkar bentuk tim racik poros koalisi baru

Jum'at, 16 Mei 2014 - 06:26 WIB
Golkar bentuk tim racik poros koalisi baru
Golkar bentuk tim racik poros koalisi baru
A A A
Sindonews.com - Keseriusan pembentukan poros baru yang disponsori oleh Partai Golkar dan Partai Demokrat (PD) semakin menguat dengan dibentuknya tim perumus.

Sekretaris Umum Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP) Partai Golkar Rulli Chairul Azhar mengakui, pembentukan poros baru merupakan salah satu opsi yang dikaji di internal partainya. Termasuk pengusungan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono.

Dia mengakui, saat ini ada tim yang tengah merumuskan dan mempertimbangkan pembentukan poros baru tersebut. Mereka adalah orang-orang yang ikut dalam pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu.

"Sebenarnya tim itu bukan resmi karena harus melalui mekanisme penunjukan. Namun karena ada kedekatan maka mereka dipercaya jadi ya taktis saja," kata Rulli kepada wartawan, di Jakarta, Kamis 15 Mei 2014.

Tim tersebut nantinya akan melihat apa yang diinginkan dari pembentukan poros baru tersebut. Sebab dalam membangun poros baru, kata dia, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti, siapa capres dan cawapres yang akan diusungnya, peluang menang, pembagian tugas dan platform.

Termasuk mana manfaatnya lebih besar bagi partai. Menurut dia, semuanya itu akan diputuskan dalam rapimnas mendatang mengingat, ada juga desakan dari internal partai yang menginginkan Partai Golkar ikut mengusung Jokowi sebagai capres dari PDIP.

Dia mengakui, dinamika internal Partai Golkar sangat kuat. Masing-masing faksi melakukan pendekatan. "Nanti dibahas di rapimnas, opsi paling kuat memang dengan PDIP. Tapi bukan dengan Partai Demokrat tidak ada," jelasnya.

Semua sudah memahami jika bergabung dengan PDIP, lanjut Rulli, partai tersebut tidak mau sarat apapun. Karena itu, semua opsi masih terbuka dan akan diputuskan pada rapimnas nanti.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.4945 seconds (0.1#10.140)