Pendemo serbu Gedung KPU jelang penetapan rekapitulasi

Jum'at, 09 Mei 2014 - 13:57 WIB
Pendemo serbu Gedung...
Pendemo serbu Gedung KPU jelang penetapan rekapitulasi
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini akan menetapkan rekapitulasi nasional hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. KPU menjadwalkan penetapan hasil pemilu akan dilakukan pada sekira pukul 19.30 WIB.

Saat rapat pleno dan rekapitulasi berlangsung di dalam Gedung KPU, di luar Gedung KPU, sejumlah massa melakukan aksi demonstrasi menuntut hasil pemilu dibatalkan, karena dinilai gagal dalam proses dan penyelenggaraannya.

Puluhan pendemo dari Organisasi Gema Pembebasan 'menyerbu' Gedung KPU, meminta agar Komisioner KPU menghentikan rapat pleno, dan membatalkan hasil Pileg 2014.

"Pemilu Legislatif 2014 gagal karena terbukti secara nyata dipenuhi dengan berbagai kecurangan, kecacatan dan tidak akan mengubah sistem," kata Koordinator aksi Ricky Fattamazaya, di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (9/5/2014).

Sementara, siang ini dikabarkan akan terjadi gelombang aksi cukup besar yang akan dilakukan sejumlah masyarakat. Bahkan dalam seruan aksinya, massa meminta agar melakukan aksi kepung Kantor KPU seluruh Indonesia.

Untuk di Kantor KPU pusat, sejumlah massa akan memulai titik kumpul aksi di Depan Taman Ismail Marzuki (TIM) menuju Kantor KPU, sekira pukul 15.00 WIB.

"Bagi seluruh elemen bangsa yang menjadi korban kejahatan pemilu yang dilakukan oleh KPU, KPUD dan seluruh penyelenggara pemilu untuk bersatu mengepung kantor KPU dan KPUD di seluruh Indonesia," seru salah satu koordinator aksi, Hatta Taliwang melalui pesan yang diterima wartawan.

Di hari terakhir penentuan rekapitulasi nasional hasil pileg, sistem keamanan di sekitar Gedung KPU juga ditingkatkan. Terlihat ratusan personil aparat kepolisian terlihat semakin bertambah baik di dalam Gedung KPU maupun yang berjaga di luar Gedung KPU.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0764 seconds (0.1#10.140)