KPU minta peserta pemilu tak alihkan masalah

Jum'at, 02 Mei 2014 - 15:57 WIB
KPU minta peserta pemilu tak alihkan masalah
KPU minta peserta pemilu tak alihkan masalah
A A A
Sindonews.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik meminta kepada peserta pemilu, agar bersikap dewasa mendapati hasil perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Bahkan, bagi peserta pemilu yang gagal menang, agar tak mengalihkan kegagalan itu untuk mencari-cari alasan.

"Jangan sampai karena pihak tertentu kalah, kemudian dia nyatakan apapun hasilnya curang," kata Husni di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Problem yang banyak mendapat sorotan publik, termasuk peserta pemilu adalah soal form C1. Dokumen rahasia itu dianggap paling lemah untuk dimanfaatkan pihak tertentu untuk melakukan kecurangan pemilu.

Menurut Husni, ada tiga lajur untuk menghitung jumlah pemilih, yakni berbentuk satuan, puluhan dan ratusan. Katanya, dimungkinkan petugas KPPS salah menghitung.

"Contohnya, KPPS yang memasukan jumlah satuan, tapi dimasukkan ke jumlah puluhan atau bahkan ratusan. Kemudian misalnya ada penjumlahan terdapat kekeliruan, maka bisa dilakukan pembetulan terhadap jumlah," ujarnya.

Bahkan, katanya, dalam kasus form C1 dimungkinkan petugas KPPS salah mencatat. Misalnya, jumlahnya 100 suara, oleh petugas ditulis 150 suara.

Menurutnya, hal itu tinggal dikoreksi kembali dari jumlah pemilih dengan suara sah dan suara tidak sah di masing-masing TPS. "Jadi tidak semua kesalahan dalam formulir C1 adalah kejahatan," sambungnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6234 seconds (0.1#10.140)