Caleg incumbent DIY lolos ke senayan tak hanya Roy Suryo

Selasa, 22 April 2014 - 15:42 WIB
Caleg incumbent DIY lolos ke senayan tak hanya Roy Suryo
Caleg incumbent DIY lolos ke senayan tak hanya Roy Suryo
A A A
Sindonews.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menilai penetapan anggota DPR-RI periode 2014-2019 versi Jaringan Indonesia Raya (JIRA) tidak tepat.

"Apa yang disampaikan JIRA itu salah karena menghitung suara terbanyak. Untuk anggota DPR-RI tidak begitu caranya," jelas Ketua DPW PKB DIY sekaligus caleg incumbent Agus Sulistyono dikonfirmasi Okezone, Selasa (22/4/2014).

Menghitung langsung jumlah suara terbanyak itu sudah tepat jika untuk anggota DPD-RI, bukan DPR-RI. "Kalau itu untuk DPD, sudah tepat, karena langsung perolehan suara terbanyak dirangking," jelasnya.

Sementara untuk DPR-RI, lanjut Agus, dengan Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) perolehan partai. Jumlah DPT yang ada dibagi kuota delapan kursi.

"Yang memenuhi BPP itu dari PDI Perjuangan dapat dua kursi dan PAN dapat satu kursi, partai lain tidak memenuhi kuota, sehingga diperlukan sisa suara terbanyak," jelasnya.

Partai lain, lanjutnya, juga mendapatkan satu kursi, seperti Golkar, Demokrat, PKS, Gerindra, dan PKB.

"Rekapitulasi di empat kabupaten dan satu kota, PKB juga dapat satu kursi, dengan sisa suara terbanyak itu," jelasnya.

Dia juga menyayangkan karena JIRA menyebut hanya ada satu caleg incumbent yakni Roy Suryo. Pasalnya, Agus juga bakal melenggang ke senayan untuk kedua kalinya.

"Saya caleg incymbent yang kembali ke senayan, kalau dikatanya hanya satu caleg incumbent, biar masyarakat yang menilai karena versi JIRA itu salah dalam menentukan calon DPR-RI," imbuhnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9965 seconds (0.1#10.140)