DKPP: Pemilu lancar, tapi banyak masalah

Kamis, 17 April 2014 - 14:43 WIB
DKPP: Pemilu lancar, tapi banyak masalah
DKPP: Pemilu lancar, tapi banyak masalah
A A A
Sindonews.com - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie menilai, secara keseluruhan penyelenggaraan pemilu legislatif (pileg) berjalan sukses. Namun, hasilnya menuai banyak permasalahan.

Menurutnya, kebiasaan pemilu bisa menegangkan saat sebelum dan sesudah pelaksanaan. Katanya, protes terhadap pemilu biasanya akan berlangsung setelah hasilnya diketahui.

Dia berharap kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyiapkan hal itu. "Saat pemilu lancar, sesudah pesta demokrasi itu, ini kita banyak mendapat laporan, tapi belum resmi (laporannya). Banyak yang telepon," ungkap Jimly, di Kantor DKPP, Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Jimly menjelaskan, proses kelancaran pemilu setelah DKPP ikut terjun langsung di lapangan. Menurutnya, dari 23 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terpantau DKPP semua berjalan lancar.

Akan tetapi, protes hasil pemilu sekarang mulai bermunculan, baik yang sudah masuk ke DKPP maupun Bawaslu. Karena, DKPP hanya mengadili dari segi etik penyelenggara pemilu, maka gugatan sebenarnya berada di ranah Mahkamah Kontitusi (MK).

"1 Mei masing-masing sudah siap bawa masalah ke MK. Kita juga akan antisipasi bersamaan dengan laporan ke MK," ujarnya.

Jimly berpendapat, meski putusan DKPP bersifat final dan mengikat, fungsi DKPP dalam menangani sengketa pemilu hanya memberikan ruang kepada peserta pemilu yang merasa tidak puas dengan hasil penyelenggaraan pemilu.

Dengan tegas, mantan ketua MK ini menyatakan, DKPP bisa dianggap sebagai tempat pelampiasan dan kekecewaan peserta pemilu kepada petugas KPU dan pengawas Pemilu.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7136 seconds (0.1#10.140)