ICW desak Polri usut kasus surat suara tertukar

Minggu, 13 April 2014 - 09:37 WIB
ICW desak Polri usut kasus surat suara tertukar
ICW desak Polri usut kasus surat suara tertukar
A A A
Sindonews.com - Banyaknya surat suara tertukar disejumlah daerah disinyalir merupakan sabotase yan dilakukan pihak tertentu terhadap jalannya Pemilu 2014. Untuk itu, Indonesia Police Watch (IPW) mendesak agar Polri turun tangan mengatasi masalah tersebut.

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane mengatakan, Polri harus segera mengusut kasus tersebut. Apakah ini karena ketidaksengajaan atau justru ada unsur sabotase dari pihak tertentu.

Ia merinci, data di KPU menyebutkan, ada 77 kabupaten-kota di 20 provinsi yang melaporkan surat suaranya tertukar. Akibatnya, daerah-daerah itu terpaksa melakukan pemungutan suara ulang.

Di Jawa Barat saja misalnya, ada 324 TPS yang terpaksa melakukan pemungutan ulang pada Minggu 13 April 2014 ini.

"Kami menilai kasus tertukarnya surat suara di Pemilu 2014 ini sangat luar biasa banyaknya. Saking banyaknya, kasus ini terlihat sangat tidak lazim," katanya kepada wartawan, Minggu (13/4/2014).

Sehingga, lanjutnya, patut dipertanyakan apakah KPU dan KPUD bisa seceroboh itu dan profesionalismenya patut dipertanyakan. Namun, melihat banyaknya kasus surat suara yang tertukar di seluruh daerah dugaan adanya unsur sabotase patut ditelusuri.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6936 seconds (0.1#10.140)