Persidangan Anas buah simalakama bagi Demokrat

Kamis, 16 Januari 2014 - 06:02 WIB
Persidangan Anas buah simalakama bagi Demokrat
Persidangan Anas buah simalakama bagi Demokrat
A A A
Sindonews.com - Persidangan tersangka kasus Sport Center Hambalang Anas Urbaningrum diprediksi bakal digelar setelah Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Hal itu terungkap dari mulut Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul.

Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Muradi mengatakan, pernyataan ruhut semakin menguatkan dugaan adanya unsur politis dalam kasus Anas.

"Tentu sulit memilah dan menarik garis keras perbedaan dan batas antara hukum dan politik, sementara Anas ditahan karena aktivitas politik," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Kamis (16/1/2014).

Menurutnya, menyidangkan kasus Anas usai Pileg 2014 sama sekali tidak memberi keuntungan untuk Partai Demokrat. Ia menilai, menunda sidang Anas tak akan mampu meredam opini publik yang berkembang tentang Partai Demokrat.

"Mengadili Anas pasca pemilu berarti menyandera Partai Demokrat untuk dijadikan sasaran tembak sejumlah kompetitor Partai Demokrat dan loyalis Anas. Artinya pengadilan Anas itu buah simalakama bagi Partai Demokrat," tandas dosen Universitas Paramadina ini.

Muradi menambahkan, melihat bahwa momentum politik Partai Demokrat telah lewat, sehingga apapun ekses dari penahanan Anas tidak akan cukup menolong partai berlambang bintang segitiga ini untuk tetap menjadi partai papan atas.

"Ada kecenderungan yang kuat justru penahanan Anas dan pengadilan atas mantan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut akan makin merapuhkan soliditas partai dalam menyongsong Pemilu 2014," pungkasnya.

Baca berita:
Politikus Demokrat sebut sidang Anas setelah Pileg 2014
Demokrat tak gentar Anas disidang sebelum pemilu
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7218 seconds (0.1#10.140)