3 kemungkinan nasib Demokrat di Pemilu 2014

Sabtu, 14 Desember 2013 - 05:33 WIB
3 kemungkinan nasib Demokrat di Pemilu 2014
3 kemungkinan nasib Demokrat di Pemilu 2014
A A A
Sindonews.com - Beberapa minggu terakhir sejumlah kader Partai Demokrat menjadi langganan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus Sport Center Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Pasalnya, dana Hambalang diduga ikut mengalir ke Kongres Demokrat tahun 2010 di Bandung.

Bagaimana nasib Partai Demokrat di Pemilu 2014 jika tak henti-hentinya para kader partai berlambang bintang ini dikait-kaitkan dalam sejumlah kasus korupsi? Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Muradi mengatakan ada tiga kemungkinan nasib Partai Demokrat di Pemilu 2014.

"Pertama, Partai Demokrat akan menjadi partai medioker yakni partai di bawah lima persen yang tidak cukup memiliki daya tawar untuk memainkan perannya secara optimal sebagaimana yang dilakukan pada 2009," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Sabtu (14/12/2013).

Kedua, kata Muradi, Partai Demokrat memiliki sekoci politik yang tetap bisa menjaga asa untuk berperan penting dalam merumuskan pemerintahan 2014 mendatang. Sekoci tersebut berasal dari jejaring lama Partai Demokrat yang terus bergerak dan membangun penguatan dukungan politik.

"Yang ketiga, Partai Demokrat masih percaya diri bahwa militer, polisi dan intelijen masih akan bahu-membahu memenangkan sebagaimana yang terjadi pada dua pemilu terakhir," pungkasnya.

Ia menilai, dari tiga kemungkinan tersebut peluangnya masih sama besar, tergantung sejauh mana guliran dan dinamika politik akan mengarah.

"Sejumlah kasus yang menimpa Partai Demokrat pada derajat politik tertentu akan mengarahkan bandul nasib politik ke arah yang lebih buruk dari apa yang terjadi belakangan ini," pungkasnya.

Baca berita:
Dua mantan Ketua DPC Demokrat penuhi panggilan KPK
KPK maraton periksa kader Demokrat soal Hambalang
Hari ini, giliran Dewan Pembina Demokrat diperiksa KPK
Politikus Demokrat Benny K Harman juga diperiksa KPK
Dewan Kehormatan Demokrat diperiksa KPK
Kasus Garuda Indonesia, politikus Demokrat diperiksa KPK
Usut kasus Hambalang, KPK panggil petinggi Demokrat
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3095 seconds (0.1#10.140)