SBY bertolak ke Tokyo hadiri KTT ASEAN

Kamis, 12 Desember 2013 - 09:25 WIB
SBY bertolak ke Tokyo hadiri KTT ASEAN
SBY bertolak ke Tokyo hadiri KTT ASEAN
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono hari ini bertolak menuju Tokyo, Jepang, guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) sekaligus peringatan 40 Tahun Hubungan ASEAN–Jepang.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, selain menghadiri KTT ASEAN–Jepang, SBY juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dan memberikan kuliah umum mengenai “Regional Security Architecture” di Kensei Kinen Kaik.

“Selain itu, Presiden Yudhoyono juga direncanakan akan menerima kalangan pengusaha Jepang yang tergabung dalam Japan-Indonesia Association (JAPINDA),” kata Faizasyah di Jakarta, Rabu, 11 Desember 2013, dikutip laman setkab.go.id.

KTT ASEAN–Jepang kali ini mengambil tema “Thoughts Connected, Future Connected”. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Yudhoyono bersama para kepala negara/pemerintahan ASEAN dan Jepang akan membahas berbagai bidang kerja sama ASEAN-Jepang, terutama implementasi ASEAN–Japan Strategic Economic Cooperation Roadmap (2012–2022), dalam rangka pencapaian masyarakat ekonomi ASEAN 2015.

Jepang merupakan mitra dagang ASEAN terbesar kedua setelah China. Pada tahun 2013, total perdagangan ASEAN-Jepang telah mencapai sebesar USD238,3 miliar, dengan ekspor Jepang ke ASEAN senilai USD119,38 miliar dan impor Jepang dari ASEAN sebesar USD118,9 miliar. Sedangkan investasi Jepang di ASEAN sebesar USD6,4 juta, merupakan investasi terbesar kedua setelah Uni Eropa.

SBY anggap pemberantasan korupsi tantangan berat
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5758 seconds (0.1#10.140)