Hari Antikorupsi momen Kapolri penuhi janji

Senin, 09 Desember 2013 - 16:08 WIB
Hari Antikorupsi momen Kapolri penuhi janji
Hari Antikorupsi momen Kapolri penuhi janji
A A A
Sindonews.com - Hari Antikorupsi se-dunia yang jatuh pada hari ini seharusnya dijadikan momen bagi Kapolri Jenderal Pol Sutarman untuk memenuhi janjinya saat uji kelayakan dan kepatutan di hadapan wakil rakyat.

"Artinya, Sutarman perlu membuat langkah yang konkret dalam pemberantasan korupsi, misalnya memulai penanganan dugaan korupsi TNKB (Tanda Naik Kendaraan Bermotor) atau kasus rekening gendut," ujar koordinator Indonesia Police Watch, Neta S Pane, dalam siaran persnya, Senin (9/12/2013).

Menurutnya, pemerintah dan segenap aparaturnya harus konsisten dalam pemberantasan korupsi, terutama aparatur penegak hukum, termasuk juga Polri harus mampu menjadi ujung tombak pemberantasan korupsi.

"Untuk itu, sebagai ujung tombak Polri harus mampu menjadi sapu bersih. Artinya, sudah waktunya Polri memrioritaskan pemberantasan korupsi di internalnya lebih dulu, sebelum memberantas korupsi di institusi lain," tegas dia.

Citra Polri sebagai lembaga terkorup, lanjut Neta, harus dihapus dalam kepemimpinan Sutarman. "Polri harus mengerahkan aparatnya untuk fokus pada pemberantasan korupsi di daerah, terutama menjelang pemilu, pemilukada, dan Pilpres 2014, di mana pada momentum ini sering dibanjiri politik uang," jelas Neta.

Ini janji 100 hari kepemimpinan Sutarman
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0851 seconds (0.1#10.140)