Krisis politik Thailand bisa menular ke Indonesia

Senin, 02 Desember 2013 - 11:17 WIB
Krisis politik Thailand bisa menular ke Indonesia
Krisis politik Thailand bisa menular ke Indonesia
A A A
Sindonews.com - Pengamat hubungan internasional Universitas Nasional (UNAS), Burmalis Ilyas menyatakan, jika krisis politik di Thailand terus berlanjut tidak tertutup kemungkinan akan berdampak buruk terhadap Indonesia.

"Sudah pasti itu, tidak hanya Indonesia, negara-negara tetangga lain juga kena imbasnya," ujar Burmalis kepada SINDO, Senin (2/12/2013).

Dikatakan dia, dampak buruk itu bisa seperti pada sektor ekonomi, dan juga penularan konflik politik. "Tidak menutup kemungkinan krisis di Thailand bisa menular ke Indonesia," ujarnya

Diketahui, demonstrasi anti-pemerintah pecah di Thailand, setelah partai berkuasa, yakni Partai Puea Thai mengusung RUU amnesti yang didukung Pemerintah Yinglcuk. Namun, kelompok oposisi curiga, RUU itu sebagai siasat Yinglcuk untuk membebaskan bekas PM Thaksin Shinawatra (kakak Yingluck) dari kasus korupsi tahun 2008. Thaksin kini berada di pengasingan.

Yinglcuk sendiri, lolos dari mosi tidak percaya yang digalang parlemen untuk menyikapi demonstrasi besar di negara itu. Lolosnya Yinglcuk dari mosi tidak percaya, bukan hal yang mengherankan. Sebab, mayoritas kursi parlemen dikuasai partai yang mendukung Yinglcuk.

Berita terkait:
Krisis Bangkok, PM Thailand diultimatum 2 hari untuk lengser
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2533 seconds (0.1#10.140)