Pemulangan Dubes RI dinilai respons standar

Selasa, 19 November 2013 - 07:00 WIB
Pemulangan Dubes RI dinilai respons standar
Pemulangan Dubes RI dinilai respons standar
A A A
Sindonews.com - Pemulangan Duta Besar (Dubes) Indonesia di Canberra, Australia dinilai respons standar yang dilakukan pemerintah, dalam menghadapi persoalan penyadapan yang dilakukan oleh Australia.

Hal itu diungkapkan pengamat hubungan internasional Universita Indonesia (UI) Makmur Keliat. Menurutnya, seharusnya yang dilakukan oleh pemerintah tidak hanya melakukan pemulangan dubesnya.

"Namun, setelah pemulangan tersebut, apa yang akan dilakukan oleh pemerintah terhadap Australia yang telah melakukan penyadapan?," katanya kepada Sindonews, Senin, 18 November 2013.

Dia juga mempertanyakan, komentar Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, setelahnya mengkaji ulang hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia. "Artinya, apa yang diungkapkan Menlu Marty Natalegawa masih perlu diterjemahkan kembali," ungkapnya.

Pemerintah, lanjutnya, harus mampu menyampaikan konter intelijen kepada Australia dan Amerika. Namun, sikap pemerintah yang seperti ini membuktikan, jika kesiapan intelijen asing lebih baik, jika dibandingkan dengan Indonesia.

"Seharusnya Indonesia bisa melakukan hal yang sama, tapi dalam permasalahan ini kekuatan yang tidak seimbang sedang terjadi," katanya.

Dia mengatakan, dalam melakukan hubungan antar negara, adalah bagaimana berperilaku cerdik bahkan licik untuk dapat memenuhi kebutuhan tanah air.

"Jangan lihat hubungan antar negara dari sudut pandang yang normal, tapi harus dengan melakukan strategi licik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri," tegasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7185 seconds (0.1#10.140)