Komisi I DPR dukung pemulangan Dubes RI di Australia

Senin, 18 November 2013 - 18:40 WIB
Komisi I DPR dukung pemulangan Dubes RI di Australia
Komisi I DPR dukung pemulangan Dubes RI di Australia
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Komisi I Agus Gumiwang mendukung langkah pemerintah yang memulangkan sementara Duta Besar (Dubes) Indonesia di Canberra, Australia.

Tak hanya itu, dirinya juga mendukung sikap pemerintah yang berupaya untuk mengevaluasi hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia.

"Komisi I mendukung kebijakan pemerintah yang memanggil pulang sementara Dubes RI di Canberra. Komisi I juga mendukung pemerintah dalam melakukan upaya evaluasi hubungan bilateral antara RI (dengan Australia)," kata Agus di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2013).

Dirinya pun mensinyalir praktik penyadapan yang dilakukan Australia terhadap Indonesia merupakan hal yang dinilainya sangat penting. "Dan itu tidak pernah dijawab secara resmi oleh pemerintah Australia, sehingga menimbulkan kesan bahwa penyadapan itu memang betul dilakukan," tuntasnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan memanggil Dubes RI di Canberra untuk berkonsultasi. Tak hanya itu, mereka juga akan mengkaji kerjasama pertukaran informasi dengan Australia termasuk penugasan pejabat Australia di Kedubes Australia di Jakarta.

Indonesia minta komitmen Australia soal penyadapan
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5072 seconds (0.1#10.140)