PDIP nilai pemerintah tak bisa jaga kedaulatan NKRI

Senin, 11 November 2013 - 18:29 WIB
PDIP nilai pemerintah tak bisa jaga kedaulatan NKRI
PDIP nilai pemerintah tak bisa jaga kedaulatan NKRI
A A A
Sindonews.com - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani menilai, pemerintah tidak mampu menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan baik.

Puan mengatakan hal tersebut, terkait dengan penyadapan yang diduga dilakukan Amerika Serikat (AS) dan Australia, terhadap pejabat di Indonesia.

Menurutnya, sebagai bangsa besar yang berdaulat, harusnya pemerintah Indonesia bisa memegang teguh kedaulatannya. Sementara saat ini, kedaulatan Indonesia sedang diintervensi oleh pihak asing melalui penyadapan di tingkat elite.

"Di simbol-simbol negara pun sudah dimasuki intelijen secara kasat mata. Artinya (pemerintah) kita tidak bisa menjaga kedaulatan bangsa ini secara utuh," kata Puan di Hotel Grand Pasundan, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (11/11/2013).

Hingga hari ini, ia mengaku belum melihat sikap tegas dari Pemerintah Indonesia. "Saya belum melihat apa yang dilakukan oleh pemerintah kita itu bersikap tegas," ucapnya.

Menurutnya, hubungan bilateral memang penting. Tapi kedaulatan negara harusnya lebih penting dari segalanya. Indonesia pun perlu langkah tegas menyikapi persoalan itu.

"Menurut saya harusnya pemerintah lebih tegas, bukan hanya mengutus Pak Marty (Menteri Luar Negeri) untuk protes, tapi kita harus melakukan satu action yang menyatakan sebagai bangsa besar yang berdaulat dan tidak ingin diintervensi," tegas Puan.

Berita terkait:
Sejak era Bung Karno Indonesia sudah disadap.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4592 seconds (0.1#10.140)