Sesama Hakim MK diimbau saling mengingatkan

Rabu, 06 November 2013 - 19:55 WIB
Sesama Hakim MK diimbau...
Sesama Hakim MK diimbau saling mengingatkan
A A A
Sindonews.com - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengatakan, di MK harus ditumbuhkan kultur saling mengingatkan dan saling mengontrol antar sesama kakim konstitusi.

Menurutnya, hal tersebut harus ditradisikan sebagai praktik dalam keseharian, tanpa harus mengganggu independensi masing-masing hakim konstitusi.

Hamdan mengungkapkan, manakala dirasakan atau dijumpai kejanggalan dalam pelaksanaan tugas konstitusional hakim konstitusi, tidak boleh ada perasaan sungkan untuk saling mengingatkan.

"Kedua, menata dan meningkatkan kapasitas seluruh komponen yang mendukung pelaksanaan tugas konstitusional Mahkamah Konstitusi, terutama komponen Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal, termasuk memperkuat sistem pengawasan administrasi peradilan, serta suasana dan lingkungan kerja di Mahkamah," kata Hamdan usai mengucapkan sumpah jabatannya sebagai Ketua MK, di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, hal tersebut dilandasi pada filosofi, bahwa layanan dan tata kelola lembaga peradilan yang menjadi tugas Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal MK, merupakan satu kesatuan utuh yang tidak terpisahkan dari proses peradilan Mahkamah Konstitusi dalam memeriksa, mengadili dan memutus perkara.

"Proses peradilan di Mahkamah Konstitusi membutuhkan tata kelola dan layanan yang baik, mulai dari manajemen penanganan perkara, manajemen persidangan, sampai dengan penelitian dan pengkajian perkara, serta membuka dan menyediakan kemudahan akses masyarakat terhadap putusan Mahkamah Konstitusi," ungkapnya.

Hamdan menambahkan, tugas peradilan bukan hanya berhenti sekadar memeriksa, mengadili dan memutus perkara, melainkan juga memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan untuk mendapatkan dan mengakses keadilan.

Dirinya mengungkapkan, hal tersebutlah domain kerja Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal MK yang akan ditata kembali untuk lebih ditingkatkan.

"Dengan bekal sistem kerja, budaya kerja, aturan main, serta sumber daya manusia dan infrastruktur yang dimiliki oleh Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi saat ini, Insya Allah penataan kembali yang dilakukan diharapkan dapat segera mengantarkan Mahkamah Konstitusi kembali mencapai level terbaik sebagaimana seharusnya," pungkasnya.

Berita terkait:
Hamdan & Arief ucapkan sumpah jabatan pimpinan MK.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9753 seconds (0.1#10.140)