Sosok Ketua MK baru dimata Mahfud MD

Sabtu, 02 November 2013 - 14:28 WIB
Sosok Ketua MK baru dimata Mahfud MD
Sosok Ketua MK baru dimata Mahfud MD
A A A
Sindonews.com - Hamdan Zoelva terpilih sebagai ketua Mahkamah Konstitusi (MK) definitif periode 2013-2016, menggantikan Akil Mochtar yang telah berstatus tersangka kasus dugaan suap pengurusan sengketa pemilukada di MK.

Mantan Ketua MK Mahfud MD mengatakan, Hamdan pantas menjabat sebagai ketua MK, dia melihat yang bersangkutan cukup cermat dalam menangani perkara di MK.

"Soal kapasitasnya terus terang kita mlihat Hamdan ini orang yang cermat, tekun, hati-hati, potensial juga tetapi tentu," kata Mahfud di Kantor MMD Initiative, Jalan Dempo No 3, Pegangsaan, Matraman, Jakarta, Sabtu (2/11/2013).

Kendati demikian, menurut mantan anggota DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, setiap orang mempuyai kekurangan dan kelebihan. Mahfud tidak menyebut secara spesifik apa kekurangan Hamdan.

Sebaiknya, kata Mahfud, dilihat perkembanganya dalam menjalankan tugas-tugas sebagai ketua MK. "Nanti dilihat saja prkembangannya," imbuhnya.

Seperti diketahui, Hamdan Zoelva terpilih sebagai Ketua MK, sebelumnya dia menjabat sebagai wakil MK. Hamdan memeroleh lima suara. Sementara, Arif Hidayat yang merupakan pesaingnya hanya memperoleh tiga suara.

Pada putaran pertama, Hamdan Zoelva memperoleh empat suara, kemudian disusul oleh Arif Hidayat yang hanya memperoleh tiga suara. Lalu, Ahmad Fadil Sumadi yang memperoleh satu suara.

Pemilihan Ketua MK definitif itu dilakukan secara pemungutan suara, karena proses musyawarah oleh para hakim konstitusi tidak menghasilkan kata mufakat.

Hamdan Zoelva terpilih jadi Ketua MK
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7410 seconds (0.1#10.140)