Pembentukan Densus Antikorupsi diduga untuk melemahkan KPK

Senin, 21 Oktober 2013 - 19:00 WIB
Pembentukan Densus Antikorupsi diduga untuk melemahkan KPK
Pembentukan Densus Antikorupsi diduga untuk melemahkan KPK
A A A
Sindonews.com - Penolakan terhadap wacana pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Antikorupsi di tubuh Polri terus bergulir. Densus Anitikorupsi dianggap bisa menjadi ancaman bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti, menduga pembentukan Densus Antikorupsi tersebut nantinya untuk melemahkan kinerja KPK.

"Sutarman kan punya track record hubungan yang tidak harmonis dengan KPK. Saya khawatir ini bagian dari strategi besar untuk melemahkan kinerja KPK," ujar Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti, di gedung MK, jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2013).

Dia pun menduga, cara kerja Densus Antikorupsi tak jauh berbeda dengan Densus 88 Antiteror nantinya. "Nanti akan ada kasus, kira-kira begitu, nanti ditangkap polisi, atau polisi mengetahui orang tersebut akan ditangkap, diamankan terlebih dahulu oleh polisi."

"Sehingga KPK tidak bisa lagi, karena sudah diambil Densus Antikorupsi," tambahnya.

Seperti diketahui, wacana pembentukan Densus Antikorupsi ini muncul saat uji kelayakan dan kepatutan Komjen Pol Sutarman sebagai calon Kapolri di DPR RI pada Kamis 17 Oktober 2013 yang lalu.

Saat itu, beberapa anggota Komisi III DPR mengusulkan kepada Komjen Pol Sutarman untuk membentuk Densus Antikorupsi. Sutarman pun saat itu menyambut baik usulan dari beberapa anggota Komisi III DPR tersebut.

Baca berita:
Wacana bentuk Densus Antikorupsi bikin publik curiga
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7889 seconds (0.1#10.140)